Jakarta (ANTARA News) - General Motor Thailand/Asia Tenggara dan Chevrolet Sales Thailand meraih angka penjualan yang menggembirakan pada 2010, dengan peningkatan penjualan ritel 32 persen dibanding 2009 dan mengusai 2,5 persen pangsa pasar.

Selain sukses meluncurkan Chevrolet Cruze di ajang Thailand International Motor Expo 2010, GM Thailand (GMTH) juga menutup tahun ini dengan penjualan kuat di bulan Desember. Penjualannya pada bulan itu naik 34 persen dibanding periode sama tahun 2009.

"Di Desember, kami mencatat rekor penjualan sejak Maret 2006, dan hanya dalam waktu satu bulan sejak peluncurannya, Chevrolet Cruze Chevrolet mendapat total pemesanan lebih dari 1.000 unit, sedangkan Aveo CNG baru tercatat mendapat total pemesanan lebih dari 800 unit secara nasional di Thailand," ujar Martin Apfel, Presiden General Motors Thailand/Asia Tenggara dan Chevrolet Sales Thailand.

Bahkan, mobil pertama yang dipesan di stan Chevrolet selama Motor Expo adalah Chevrolet Cruze. Hal ini menegaskan bahwa respon Chevrolet Cruze sangat baik di segmen sedan kompak, kata Martin Apfel dalam siaran pers GM yang diterima ANTARA News di Jakarta, Rabu.

GM meraih total pesanan 1.681 unit selama 12 hari keikutsertaannya dalam Motor Expo dan hasil tersebut telah melebihi semua harapan.

GM mengklaim bahwa hasil itu merupakan pencapaian dua kali lipat dibandingkan dengan angka pemesanan di Motor Expo 2009 dan sekaligus menempatkan Chevrolet sebagai produsen nomor satu diantara merek non-Jepang dalam hal penjualan.

Model-model lain yang diluncurkan selama Motor Expo adalah Aveo CNG, dan Colorado truk pick-up edisi khusus.

Bukan hanya di Thailand, pertumbuhan yang meningkat signifikan juga terlihat di pasar Asia Tenggara lainnya. Di Indonesia, penjualan ritel GM 2010 tumbuh 65 persen (secara whole sale 72%) dibanding 2009, melampaui pertumbuhan industri untuk Indonesia yang diharapkan pada angka 57 persen.

Di Filipina, pertumbuhan industri diproyeksikan sebesar 12 persen, sementara GM mencatat pertumbuhan 56 persen.

Secara total, GM kini telah menikmati pertumbuhan yang menggembirakan di Asia Tenggara, naik 30 persen dan meraih 30.000 unit lebih banyak dari tahun 2009 dengan Chevrolet Captiva sebagai model andalan yang memberikan kontribusi hingga 25 persen dari total penjualan di seluruh wilayah.

"Saya benar-benar yakin bahwa kami memiliki landasan yang kuat dan layak untuk lebih maju di tahun-tahun mendatang dan terlibat dalam pertumbuhan bisnis GM di Asia Tenggara. Dan yakin, Chevrolet sanggup menjadi sebuah merek yang hebat dengan produk hebat dan tim yang hebat," demikian Martin Apfel.

(S026/B010)
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011