Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corp menjual lebih banyak kendaraan dari General Motors di Amerika Serikat pada 2021 dengan penjualan mobil baru sebanyak 2,33 juta, menjadikan produsen mobil asal Jepang itu meraih posisi teratas di pasar untuk pertama kalinya meskipun terjadi di masa krisis chip semi konduktor.

Toyota menjadi produsen mobil non-AS pertama yang menduduki peringkat teratas penjualan tahunan di negara itu, menggulingkan GM yang telah menjadi penjual nomor satu sejak 1931, menurut media AS, dikutip Kyodo, Rabu.

Toyota mengatakan penjualan kendaraan baru di Amerika Serikat pada tahun 2021 meningkat 10,4 persen dari tahun sebelumnya karena lebih baik mengelola krisis semikonduktor.

GM menjual 2,22 juta kendaraan tahun lalu, turun 12,9 persen dari tahun sebelumnya karena kekurangan chip dan gangguan rantai pasokan yang memaksa banyak pabriknya di Amerika Utara menghentikan produksi.

Sedan Toyota, seperti Corolla dan Camry, serta truk pikap Tacoma terjual dengan sangat baik, menurut perusahaan Jepang tersebut.

Baca juga: Pertama dalam 90 tahun, GM turun dari puncak penjualan mobil di AS

Baca juga: Buick perkenalkan kendaraan listrik Smart Pod

Baca juga: GM akan luncurkan 10 EV di Korea Selatan pada 2025
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022