Jakarta (ANTARA News) - PT Garuda Mataram Motor (GMM) meluncurkan mobil sport Audi Q7 pada Kamis (16/12) di Bibliotheque, Gedung Sampoerna Strategic Square, kawasan Sudirman, Jakarta.

"Saya merasa Audi Q7 bisa mewakili kehidupan individual sporty yang dijalani oleh customer kami sehari-hari. SUV ini tak hanya memiliki tenaga besar, melainkan juga konsumsi bahan bakar yang begitu hemat," kata Andrew Nasuri CEO PT Garuda Mataram Motor.

Audi Q7 dirancang oleh para teknis dan desain Audi di Ingolstadt, Jerman. Audi menggunakan mesin berbahan bakar bensin V6. Mesin Q7 menggabungkan dua teknologi, yaitu, "forced induction" dan "direct fuel injection."

Gabungan antara keduanya menghasilkan pencapaian sistem pemulihan kinerja tinggi yang bisa mengembalikan energi setelah pengereman. Mesin V6 yang diusung Audi itu menghasilkan performa yang sebanding dengan mesini-mesin V8.

Mesin 3.0 TFSI terbaru yang diusung Q7 bisa menghemat bahan bakar karena Audi mampu menerapkan sistem pergeseran kapasitas silinder (displacement) serta dukungan piranti "supercharging" yang efektif.

Konfigurasi silinder yang dibuat dalam sudut 90 derajat juga telah membantu kelancaran udara masuk ke ruang silinder, sehingga tercapai tenaga maksimum.

Fitur teknologi sonorous note pada mesin 3.0 TFSI memungkinkan tercapainya respon pedal gas yang responsif dan menghasilkan dorongan kuat. Akibatnya, Q7 hanya membutuhkan pasolan bensin 10.7 liter untuk jarak tempuh 100 km.

Audi telah berhasil menciptakan Q7 dengan mesin V6 yang ditemani sebuah sistem transmisi otomatis canggih 8 tingkat percepatan Tiptronic.

Selain mendukung tercapainya distribusi tenaga ke roda yang maksimal, sistem ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar kira-kira 5 persen dibandingkan sistem transmisi 6 tingkat percepatan.

Andrew menambahkan desain eksterior dan interior Q7 terbaru sangat elegan dan meningkatkan kepercayaan dirinya saat berkendara. Q7 memiliki panjang 5.09 meter, lebar 1.98 meter dan tinggi 1.74 meter.

Sumbu roda sepanjang 3 meter menciptakan ruang luas yang mewah di bagian dalam. Untuk bagian depan didominasi singleframe grill besar dengan aksen krom, dan dilengkapi lampu sorot. Kap mobil dan bemper terbuat dari aluminium.

Sementara itu bagian interior Q7 menciptakan standar fleksibilitas dengan menyediakan 27 pengaturan tempat duduk yang berbeda. Audi menyediakan SUV dengan lima, enam, atau tujuh bangku sesuai keinginan pembeli.

Versi terakhir memiliki kursi tipe tunggal di bagian belakang yang nyaman dan kursi di baris ketiga bagi penumpang dengan tinggi 160 cm. Kursi baris kedua bisa dilipat untuk menciptakan lantai setingkat kargo yang bisa memuat barang dengan kapasitas mulai 775 liter hingga 2.035 liter.

(ENY/S026)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010