Jakarta (ANTARA News) - Agen tunggal pemegang merek, PT Toyota -Astra Motor (TAM) mengajak para konsumen membantu mengurai lalu lintas di Jakarta, dengan melakukan edukasi berkendaraan dengan cerdas atau "smart driving," di tengah kemacetan.

Siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, Presdir TAM Johnny Darmawan mengatakan melalui sosialiasi "smart driving", pihaknya berharap para pemilik mobil Toyota bisa berperan nyata dalam membantu mengurai kemacetan lalu lintas di kota-kota besar, khususnya Jakarta.

"Pemahaman dan penerapan `smart driving` yang baik dari para pelanggan Toyota, kami harapkan bisa diikuti oleh masyarakat pengendara lain, sehingga akan membantu dalam mengentaskan kemacetan tersebut," ujar Johnny.

"Smart driving" merupakan cara mengendarai dengan mobil dengan pintar, patuh pada tata tertib berlalu-lintas, serta berperilaku mau berbagi dengan sesama pengendara lain di jalan raya. "Kami meyakini sikap seperti itu akan sangat membantu dalam masalah kemacetan lalu lintas Jakarta," katanya.

Terkait dengan upaya membantu mengurai kemacetan lalu lintas tersebut, pada 11 Desember 2010, TAM menyelenggarakan Jambore "Toyota Owner Club" (TOC) 2010 yang melibatkan 600 orang peserta dari 12 komunitas pemilik mobil Toyota.

Peserta juga diarahkan untuk mengenal beberapa ruas jalan raya dalam kota Jakarta yang kepadatan lalu lintasnya tinggi dan kerap dilanda kemacetan. Sikap tertib dan santun dalam berkendara yang ditunjukkan para peserta sebagai wujud pemahaman "smart driving" diharapkan akan dilihat dan diikuti oleh pengendara yang lain.

"Dengan demikian kita secara bersama-sama mampu menguraikan kemacetan yang tengah dialami, maupun mencegah dan mengantisipasi potensi terjadinya kemacetan," katanya.
(ANT/A038)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010