Jakarta (ANTARA) - PT Federal International Finance (FIFGroup), perusahaan multipembiayaan yang juga melayani kredit sepeda motor Honda, meraih dua penghargaan pada ajang HR Excellence Award 2021.

HR Excellence Award 2021 digelar sebagai upaya dan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan strategi pengelolaan manajemen SDM yang selaras dengan strategi bisnis perusahaan, selain itu juga memberikan wadah bagi para praktisi human resource (HR) untuk dapat melakukan benchmarking atas kegiatan dan kebijakan SDM sehingga tumbuh semangat untuk saling belajar dan berbagi knowledge.

Dalam kesempatan tersebut, FIFGroup memperoleh dua penghargaan sekaligus dengan AA (Very Good) Rating pada kategori HR Digitization & People Analytics serta Learning & Development.

Esther Sri Harjati selaku Human Capital, General Support, & Corporate Communication Director FIFGroup menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas penghargaan tersebut. “Tidaklah mudah untuk terus dapat memberikan yang terbaik khususnya dalam hal pengembangan kompetensi SDM di tengah kondisi sulit saat ini. Namun dengan kolaborasi dan keinginan untuk maju, FIFGroup mampu," katanya dalam siaran pers, dikutip Sabtu.

Penetapan pemenang pada kompetisi ini, telah melalui perjalanan yang panjang, mulai dari penyaringan peserta sampai dengan presentasi dari masing-masing perusahaan. Kemudian terpilihlah 36 perusahaan untuk maju ke final yang terdiri dari perusahaan dalam enam sektor, yaitu: Keuangan-Bank, Perdagangan dan Jasa, Keuangan Non-Bank, Telekomunikasi dan Media, Energi, Manufaktur.

Adapun kategori HR Excellence Award 2021 terdiri dari: Learning & Development, Reward Management & Talent Retention, Knowledge Management, Managing Transformation, HR Digitization & People Analytics, Talent Acquisition.

Arlien Virginia Jonathan, Division Head of Human Capital FIFGroup mengatakan, era digital yang bergerak cepat membuat FIFGroup berusaha memahami permasalahan dan menyiapkan strategi bisnis yang tepat, begitu juga dari sisi SDM. Dalam presentasi di hadapan Dewan Juri HR Excellence Award, tim FIFGroup membawakan tema “Reinventing Organization Agility to Embrace Digital Culture”.

Menurut Arlien, dalam praktik people management di masa perubahan cepat ini, FIFGroup mengusung tiga grand strategy, yaitu Organizational Readiness, People Readiness, dan System Readiness.

Pada strategi Organizational Readiness, FIFGROUP berhasil melakukan digital strategi dan cascading komunikasi di antara para pemimpinnya. Dengan memaksimalkan platform digitalnya, FIFGroup memastikan terjadi proses penyampaian ke bawah (cascading) strategi dan implementasi proyek agar tersampaikan dengan baik.

Manajemen FIFGroup juga menekankan kembali peran dan tanggung jawab para pemimpin (leader). “Kami memberikan pembekalan kepada setiap leader, baik di kantor pusat maupun cabang atas perannya sebagai agent of change dan human capital leader,” kata Arlien.

Kedua, dalam hal pengembangan (reskilling dan upskilling) karyawan. FIFGroup menjalankan program pengembangan yang cukup komprehensif untuk memaksimalkan potensi karyawan. Tahapnya dimulai dari memetakan struktur pekerjaan berdasarkan peta kompetensi, lalu merancang alat penilaian dan program pengembangan, dilanjutkan dengan membuat mekanisme agar karyawan dapat menilai diri sendiri dan mengumpulkan umpan balik dari atasan mengenai kompetensi mereka dan area pengembangan yang dibutuhkan.

Pada strategi System Readiness, FIFGroup berupaya memastikan seluruh karyawan memiliki digital experience yang baik dengan memfasilitasi agar karyawan dapat memenuhi kebutuhan secara cepat dan mudah.

HR Excellence Award 2021 diselenggarakan oleh Swa Media bekerjasama dengan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (LM-FEBUI).


Baca juga: FIFGroup Fest hadir di Pontianak, ada promo motor Honda

Baca juga: FIFGroup tawarkan potongan angsuran kredit motor Honda

Baca juga: FIFGroup tawarkan potongan angsuran 8 kali untuk Honda PCX

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021