Frankfurt (ANTARA News) - Pembuat mobil mewah Jerman BMW dan mitra China, Brilliance China Automotive, akan meluncurkan usaha patungan baru untuk membiayai penjualan BMW di pasar mobil terbesar di dunia, Brilliance mengatakan Kamis.

BMW akan memiliki 58 persen dari perusahaan baru, BMW Automotive Finance (China) Co., sedangkan 42 persen sisanya akan dikuasai oleh BMW Brilliance Automotive Ltd (BBA), perusahaan patungan terpisah antara kedua grup, sebuah pernyataan mengatakan.

Perusahaan baru "akan menyediakan berbagai layanan keuangan serta layanan leasing untuk mendukung penjualan sedan BMW oleh BBA di China," kata pernyataan itu seperti dilaporkan AFP.

Usaha patungan baru akan memiliki modal dicatatkan 500 juta yuan (56 juta euro, 73 juta dolar AS), berkantor pusat di Beijing, dan mulai beroperasi penuh pada kuartal keempat tahun ini, tambahnya.

Asosiasi produsen mobil Jerman, VDA, Kamis mengatakan, dengan pasar otomotif kehilangan kekuatan di Eropa barat, pasar negara berkembang seperti China mewakili harapan terbaik untuk pertumbuhan penjualan pada masa depan.
(A026/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010