Jakarta (ANTARA News) - Mewujudkan ide pelestarian lingkungan, Toyota dan PT Pembangunan Jaya Ancol membangun 'Toyota Eco-Island', sebuah wahana hiburan dan belajar berwawasan lingkungan untuk warga Indonesia, di Ancol, Jakarta Utara.

"Pentingnya kesadaran akan lingkungan hidup menjadi salah satu alasan kami mengembangkan Toyota Eco-Island," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan, pada The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, Kemayoran, Jakarta.

Toyota Eco-Island akan berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar dari 33 hektar lahan yang disedikan Ancol untuk membangun satu taman kota berwawasan lingkungan, Ancol Ecopark.

Kesepakatan kedua perusahaan memberikan Toyota Eco-Island dua buah pulau, Deer Island dan Bird Island, yang akan ditanami pepohonan sebagai bagian dari program "Toyota Car For Tree."

Lokasi sebelumnya adalah Ladang Golf Taman Impian Jaya Ancol yang kemudian disulap menjadi taman hayati.

"Toyota Car For Tree" adalah wujud komitmen Toyota dalam menyisihkan sebagian keuntungan penjualan mobilnya di semester dua tahun 2010 untuk penyediaan pohon dalam program ramah lingkungan itu.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi, mengutarakan kesukacitannya dapat bekerjasama dengan Toyota pada program berwawasan lingkungan itu.

"Kami bangga bekerjasama dengan PT Toyota Astra Motor dalam mewujudkan kepedulian bersama untuk melestarikan keanekaragaman hayati, edukasi, dan keberlangsungan ekologi," kata Budi.

Ancol Ecopark berdiri di atas tiga konsep, yaitu kawasan hijau yang berisi aneka hayati, jalur biru berupa kanal-kanal air bersih, dan kawasan merah bagi para pengunjung serta pejalan kaki. (*)

berty/jafar
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010