Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil asal Jerman Volkswagen (VW) memamerkan generasi terbaru VW Caravelle pada ajang 18th International Indonesia Motor Show (IIMS) 2010 bertempat di Hall A Jiexpo Kemayoran Jakarta.

Mobil berjenis MPV (Multi purpose vehicle) ini hadir dengan dua versi, Short Wheel Base dan Long Wheel base, dengan tetap mempertahankan desain konsep pintu gesernya khas VW Caravelle.

Dari sisi fitur VW Caravelle memiliki lima kelebihan baru yaitu The new generation of common rail TDI engine, The New Generation of DSG Clutch Gearbox, The New Generation Of Design,The new Generation of Interior, dan The new Generation of Safety Features.

Fitur terbaik VW New Generation of Caravelle ini ada di sisi mesin yang disebut Bi-Turbo yang berjenis diesel TDI terbaru yang menggunakkan teknologi common rail berkapasitas 2000 cc (4 silinder).

Dengan kapasitas itu ia mampu menghasilkan tenaga hingga 180 bhp serta torsi maksimal mencapai 400 Nm (Newton meter). Mesin jenis ini lebih ramah lingkungan dimana mampu mengurangi emisi CO2 hingga 52g/km ketimbang versi sebelumnya yang memiliki kapasitas lebih besar untuk mencapai power tersebut.

Dari sisi percepatan the New VW Caravelle memiliki teknologi 7 speed dual clutch gearbox (DSG), inovasi gearbox yang pertama kalinya digunakan oleh mobil dikelasnya.

Dan untuk urusan kenyamanan The new VW caravelle dilengkapi juga dengan penyejuk udara berteknologi climatronic air conditioning system control dan three spoke multifucntion steering wheel.

Selain itu desain interior mobil ini juga masih mempertahankan pengaturan kabin yang fleksibel ergonomis dan multifungsi.

Mulai dari susunan bangku untuk meeting bisnis, traveling, dan acara keluarga, dan yang membuatnya lebih spesial bangkunya dibalut dengan material kulit yang berkualitas tinggi untuk kedua versinya.

Dan desain dashboard yang lebih modern dan dinamis, serta adapula moonroof untuk versi Short Wheel base dan versi long Wheel Base yang dilengkapi dengan partisi pemisah antara ruang kemudi dan kabin belakang.

Dari sisi hiburan, mobil MPV ini telah dilengkapi perangkat yang akan memanjakan pemiliknya dengan layar LCD berukuran 19 inchi dan pemutar DVD yang ditunjang dengan sound System surround yang dilengkapi dengan 7 pengeras suara.

Untuk urusan keamanan The new caravelle juga dilengkapi dengan standard hill-start assistant, refined ESP (Electronic Stability program), dan a new emergency brake light yang akan menjadi pilihan meningkatkan keselamatan saat berkendara.

VW Caravelle pada awalnya merupakan mobil pesanan pemerintah untuk keperluan KTT non Blok, dan untuk kedua versinya ini, mobil MPV generasi terbaru ini juga menghadirkan beberapa pilihan warna yaitu candy white, natural grey, toffee brown, reflect silver, dan deep black.

(Yud/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010