Jakarta (ANTARA) - Volkswagen mengumumkan Polo baru telah tersedia di pasar, dan mengatakan hatchback itu telah dilengkapi dengan pengemudian otomatis level 2, pertama di kelasnya setelah lebih dulu disematkan pada model lebih besar seperti Golf, Tiguan, Passat, Arteon, dan Touareg.

Sebagai yang pertama di kelasnya, Polo sekarang juga memungkinkan pengendaraan otomatis sebagian di seluruh rentang kecepatan. Terutama selama perjalanan jalan raya, IQ.DRIVE Travel Assist menambahkan tingkat kenyamanan yang benar-benar nyata, kata Volkswagen dalam pernyataannya, dikutip Selasa.

IQ.DRIVE Travel Assist sangat mudah digunakan: roda kemudi multifungsi standar memiliki tombol terpisah untuk sistem bantuan pintar. Cukup klik, dan Polo baru mengasumsikan sebagian pengemudian otomatis lateral.

Baca juga: Ogier juarai reli Portugal dengan VW Polo

Baca juga: VW bergambar Soekarno menangkan kontes stiker PoloIsMe


Sistem ini didasarkan pada perpaduan Adaptive Cruise Control (ACC) dan panduan jalur adaptif, yang menggabungkan panduan lateral dan longitudinal. Dengan kombinasi sistem bantuan ini, Polo melangkah ke kelas kendaraan yang lebih tinggi.

ACC memastikan bahwa Polo secara otomatis mempertahankan kecepatan yang diizinkan saat ini dipilih oleh pengemudi. Berkat Dynamic Road Sign Display berbasis kamera, Polo "tahu" seberapa cepat diperbolehkan untuk dikendarai.

Menggunakan teknologi sensor radar, ini juga mendeteksi jika kendaraan yang lebih lambat muncul di depannya. Ini kemudian memerintahkan Polo mengerem, dan karena itu selalu menjaga jarak mengikuti yang benar dan aman.

Jika tidak ada lagi mobil di depan, Polo berakselerasi lagi. Juga akan ada sistem ACC prediktif--berwawasan ke depan--yang dikombinasikan dengan sistem navigasi dan gearbox kopling ganda (DSG).

Antara lain, ini akan memungkinkan kendaraan untuk bereaksi terhadap tikungan atau batas kota dan mengurangi kecepatan.

Sistem penjaga lajur Lane Assist memindai area di depan Polo menggunakan kamera yang sama di kaca depan sebagai sistem Tampilan Rambu Jalan Dinamis.

Dengan demikian, sistem bantuan mendeteksi marka lajur dan mengarahkan dengan benar segera setelah pergerakan keluar lajur yang tidak disengaja terdeteksi. Jika IQ.DRIVE Travel Assist aktif, ACC prediktif dan panduan jalur adaptif bekerja sama seperti yang dijelaskan.

Dengan kata lain, Polo mengerem, mempercepat, dan menyetir secara otomatis dalam batas sistem. Namun, pengemudi harus tetap memegang kemudi, karena mereka selalu bertanggung jawab untuk menilai situasi lalu lintas dan mengendalikan perilaku kendaraan.

Pengemudi memberi sinyal kesiapan ini melalui permukaan kapasitif roda kemudi, yang merespons sentuhan.

Dengan gearbox manual 5 dan 6-percepatan, IQ.DRIVE Travel Assist dapat digunakan dari kecepatan 30 km/jam hingga kecepatan maksimum (210 km/jam).

Jika Polo dilengkapi dengan 7-gear dual clutch gearbox (DSG), sistem bantuan sudah tersedia dari kecepatan 0 km/jam. Dengan IQ.DRIVE Travel Assist dan DSG, pengguna dapat mengemudi dengan bantuan dan dengan demikian lebih nyaman dalam situasi kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Peugeot 208 model 2020 lebih mahal ketimbang Ford Fiesta dan VW Polo

Baca juga: VW segarkan tampilan Polo lewat model VRS

Baca juga: Volkswagen recall 30ribu unit Polo karena masalah starter
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021