Jakarta (ANTARA) - Truk listrik GMC HUMMER EV Pickup menjalani pengujian off-road yang ketat menjelang debut produksinya musim gugur ini.

Dikutip dari pernyataan General Motors (GM) pada Minggu, tim GMC HUMMER EV menempatkan truk super listrik pertama di dunia melalui langkahnya di jalur yang menantang di dekat Moab, Utah, Amerika Serikat, untuk membuktikan kemampuan off-roadnya.

Melintasi jalur legendaris di Moab, pengujian dan kalibrasi tim mencakup perangkat keras Suspensi Udara Adaptif (Adaptive Air Suspension), Extract Mode1, Terrain Mode, One-Pedal Driving2 control, e4WD dan distribusi torsi, eLocker, kontrol stabilitas, kemudi belakang, CrabWalk3, dan lainnya.

Mode Terrain yang tersedia, bagian dari Kontrol Mode Mengemudi (Drive Mode Control) GMC HUMMER EV, akan menawarkan dua kalibrasi pengereman, dengan opsi pengereman ringan untuk penggerak dua kaki dan kontrol One-Pedal Driving2 yang dirancang khusus dalam mengemudi off-road kecepatan rendah.

Baca juga: LG dan GM bangun pabrik baterai kedua untuk EV senilai US$2,3 miliar

Seperti yang dipelopori oleh General Motors untuk kendaraan listrik lainnya, One-Pedal Driving memungkinkan pengemudi untuk berakselerasi dan mengurangi kecepatan hanya dengan menggunakan pedal akselerator.

Dengan Terrain Mode, kontrol One-Pedal Driving yang sama diadaptasi dengan kalibrasi unik untuk berkendara off-road dengan kecepatan terbatas, membantu pengemudi melewati tanjakan yang curam, perayapan batu, dan medan menantang lainnya tanpa harus beralih antara akselerator dan pedal rem.

"One-Pedal Driving menawarkan perasaan kendali yang luar biasa dengan mengoptimalkan pengereman regeneratif, pengereman gesekan dan torsi motor penggerak semua melalui pedal akselerator," kata Aaron Pfau, insinyur pengembangan utama GMC HUMMER EV. "Pengemudi akan segera menyadari manfaatnya begitu mereka mencobanya off-road," imbuhnya.

Saat jalanan menjadi sulit, fitur Extract Mode1 memungkinkan ketinggian Adaptive Air Suspension dinaikkan sekitar 6 inci untuk membantu GMC HUMMER EV mengatasi situasi off-road yang ekstrem, seperti "melindas" batu besar dan mengarungi genangan air yang lebih dalam.

"GMC HUMMER EV adalah 'batu tulis kosong' yang diisi oleh tim insinyur berdedikasi yang merupakan penggemar berat off-road," kata Pfau. "Fitur seperti One-Pedal Driving2, Terrain Mode dan Extract Mode1 menghasilkan kendaraan off-road yang akan membawa Anda ke tempat-tempat baru," pungkasnya.

Baca juga: Hummer EV diklaim supertruck terbaik, begini tampilannya

Baca juga: GM tunda pengenalan Hummer EV

Baca juga: Vauxhall Combo-e Life 2022 bisa dipesan seharga Rp600 jutaan

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021