Jakarta (ANTARA) - Pesawat ulang-alik STS-31 yang diluncurkan pada April 1990 kini dapat dieksplorasi di rumah melalui seri LEGO NASA Space Shuttle Discovery set.

LEGO set terbaru ini ideal untuk orang dewasa dan merupakan hasil rekonstruksi mendetail dari pesawat ulang-alik STS-31. Pesawat ulang-alik Discovery dan lima lawaknya ini adalah yang pertama dalam mengorbitkan teleskop Hubble ke luar angkasa.

Sejak saat peluncurannya, teleskop Hubble telah memberikan banyak gambaran tentang ruang angkasa kepada masyarakat di Bumi yang akhirnya menjadi dasar terobosan dalam bidang astrofisika dan eksplorasi ruang angkasa.

Peluncuran LEGO set ini adalah penghormatan kepada momen perintis dalam sejarah ruang angkasa dan sekaligus memperingati ulang tahun ke-40 sejak penerbangan pesawat ulang-alik pertama di dunia pada 12 April 1981.

Baca juga: VW T1 Camper Van hadir dalam bentuk Playmobil
 
LEGO® NASA Space Shuttle Discovery (ANTARA/Ho)


Bukan hanya eksterior LEGO NASA Space Shuttle Discovery yang sangat akurat seperti aslinya, interior dari dek penerbangan atas ke bawah, dek tengah dan keluar ke pintu kompartemen kargo pasti akan menyenangkan mereka para kreator LEGO blok maupun penggemar ruang angkasa.

Kabin kru memiliki lima kursi sesuai dengan jumlah astronot dalam misi STS-31, lengkap dengan penerbang dan lengan robot (Remote Manipulator System, atau RMS) serta panel kontrol. Sementara itu di tengah dek berisi loker penyimpanan pesawat untuk kebutuhan dan peralatan misi, ruang untuk lima anggota kru dan airlock ke kompartemen kargo.

Kompartemen kargo berisi antena Ku-band untuk komunikasi, kamera bagi kru untuk memantau operasi di dalam kompartemen, dan lengan RMS yang siap untuk menahan dan melepaskan teleskop Hubble saat melaksanakan misinya.

Koleksi LEGO set yang detail juga diterapkan pada teleskop luar angkasa Hubble, dengan cermin berengsel seperti aktual teleskop, susunan panel surya berwarna emas serta desain silver metalik yang reflektif dan realistis.

Bagian teleskop dapat disimpan di kompartemen kargo yang bisa terhubung ke lengan RMS untuk diluncurkan seperti pada misi STS-31. Teleskop juga dapat ditampilkan secara terpisah dari pesawat ulang-alik Discovery, seperti sedang mengorbit di ruang angkasa dan menjalankan misi pentingnya untuk mendokumentasikan bintang-bintang dan alam semesta.
 
LEGO® NASA Space Shuttle Discovery (ANTARA/Ho)


"Pesawat ulang-alik adalah alat transportasi yang paling kompleks yang pernah dibuat, sehingga seperti yang dapat Anda bayangkan, membuat ini menjadi versi blok LEGO adalah tantangan yang menarik. Setiap inci ruang dalam kendaraan mempunyai fungsi uniknya masing-masing," ujar Milan Madge, Desainer LEGO Set dalam keterangan resminya, Jumat.

Madge mengatakan khusus pada seri Discovery Space Shuttle, pihaknya harus membuat eksterior yang halus dan interior yang mampu menahan kargo. Roda pendaratan juga menjadi salah satu tantangan terberat dari pembuatan model ini.

LEGO NASA Space Shuttle Discovery terdiri dari 2.354 blok. Model ini juga dilengkapi dengan dua dudukan dan plakat, untuk pesawat pengorbit dan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Koleksi terbaru LEGO sudah bisa didapatkam di Certified Stores seluruh Indonesia dengan harga Rp2.999.000.

Baca juga: LEGO buat edisi Porsche 911 Turbo-Targa seharga Rp2,1 juta

Baca juga: Adidas berkolaborasi dengan Lego untuk koleksi sepatu anak

Baca juga: Kolaborasi LEGO dan Nintendo hadirkan Super Mario di dunia nyata

Pewarta: KR-MAR
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021