Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 97.290 mobil, meliputi Daihatsu Xenia, Terios dan Sirion, karena fuel pump (pompa bahan bakar) yang bermasalah dan berpotensi menyebabkan gangguan pada mesin.

"Hasil investigasi kami itu adanya pengembangan terhadap impeller fuel pump yang mengembang melebihi standar," ungkap Head Product Improvement Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi secara virtual, Kamis.

Menurut dia, masalah pompa bahan bakar itu berpusat pada salah satu komponen yang ukurannya semula 19 mikron, mengembang menjadi 26 mikron.

Baca juga: Mahasiswa UGM modifikasi Daihatsu Xenia jadi mobil Swab Test

"Meski memiliki selisih hanya 7 mikron, memberikan pengaruh yang sangat berarti bagi kendaraan. Jadi semua itu harus presisi," kata dia

Menurut Bambang, perubahan terjadi pada bahan baku yang digunakan impeller fuel pump produksi Juni 2017. Meski menggunakan teknik produksi yang sama, tetapi kepadatan impeller bisa berubah.

"Jadi impeller itu mengembang dan mengakibatkan touching dengan cover motor pump menjadi stuck," ucap dia.

"Gejalanya itu mobil akan brebet, tenaga sedikit demi sedikit berkurang lalu kendaraan akan mati, jadi kendaraan tidak mati secara tiba-tiba," tambah dia.

Dia juga mengatakan bahwa, untuk memberikan rasa aman terhadap konsumen Daihatsu, PT ADM akan menggratiskan biaya dan juga part yang akan diganti dengan yang baru senilai kurang lebih hampir Rp1 juta.

Untuk segera mengatasi masalah ini, konsumen diharapkan berperan aktif dengan membawa kendaraan ke diler resmi Daihatsu, dengan waktu perbaikan kurang dari dua jam.

"Kami berharap konsumen segera membawa kendaraan mereka ke diler resmi terdekat. Kami sudah siapkan 160 diler resmi atau juga bisa mengunjungi website resmi Daihatsu," tutur dia.

Recall fuel pump ini meliputi 53.246 unit kendaraan Great dan Grand New Xenia yang diproduksi antara Oktober 2017-Juni 2019, All-New Terios sebanyak 41.152 unit dalam waktu produksi Desember 2017- Juni 2019, dan All New Sirion sebanyak 2.892 yang diproduksi antara Januari 2018- September 2019.

Baca juga: Empat mobil Daihatsu ini dapat insentif PPnBM belasan juta rupiah

Baca juga: 17 tahun Daihatsu Xenia hadir di Indonesia

Baca juga: Sigra kontributor utama penjualan Daihatsu selama pandemi

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021