Jakarta (ANTARA) - Bosch akan melakukan kerjasama dengan Microsoft untuk menciptakan platform perangkat lunak untuk kendaraan elektromobilitas dan penggerak otomatis yang saat ini memang sedang berkembang pesat.

"Dengan menggunakan teknologi cloud, platform perangkat lunak akan memastikan bahwa unit kontrol kendaraan dan komputer dapat memperoleh perangkat lunak sepanjang masa pakainya," kata pemasok mobil Jerman itu yang dikutip dari Reuters, Jumat.

Teknologi ini didasarkan pada teknologi milik Microsoft Azure dan mencakup modul perangkat lunak dari Bosch. Mereka menambahkan bahwa akan memiliki rencana untuk menggunakan platform perangkat lunak dalam prototipe kendaraan pada akhir 2021.

"Karena itu, kami menciptakan pembaharuan nirkabel dalam kondisi seperti ini agar bekerja dengan lancar dan nyaman pada kendaraan seperti yang mereka lakukan pada telepon pintar," kata Direktur Pelaksana Bosch Markus Heyn.

Perusahaan juga akan bekerja sama untuk mengadaptasi perangkat lunak yang ada agar pembuat mobil dan pemasok dapat menyederhanakan dan mempercepat pembaruan perangkat lunak mereka sendiri.

Pekan lalu, produsen mobil Jerman Volkswagen AG mengumumkan kerja sama serupa dengan Microsoft untuk menggunakan layanan komputasi cloud guna membantu merampingkan upaya pengembangan perangkat lunaknya untuk mobil tanpa pengemudi.

Baca juga: Nikola dapat dukungan investor setelah CEO Trevor Milton mundur

Baca juga: Bosch akan kembangkan perangkat lunak dalam satu divisi

Baca juga: Bosch kembangkan alat "rapid test" corona, hasilnya tersedia 2,5 jam

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021