Jakarta (ANTARA) - Jaguar Land Rover sedang mempersiapkan kendaraan listrik masa depan melalui penelitian bahan komposit ringan yang meningkatkan jangkauan daya baterai, kinerja lebih baik, dan penggerak dinamis.

Penelitian ini akan memungkinkan Jaguar Land Rover untuk mengembangkan kendaraan ringan dan struktur powertrain dengan mengganti aluminium dan baja dengan komposit yang mampu menangani peningkatan torsi yang dihasilkan oleh baterai berkinerja tinggi, sekaligus meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak CO2.

Jaguar Land Rover bertujuan untuk meningkatkan kekuatan kendaraan hingga 30 persen, mengurangi bobot hingga 35kg, dan lebih menyempurnakan struktur keselamatan tabrakan melalui penggunaan strategis komposit khusus, seperti serat karbon, menurut Jaguar Land Rover, dikutip Minggu.

Baca juga: JLR kembangkan mobil listrik ringan untuk daya jelajah lebih jauh

Baca juga: Jaguar I-Pace All-Electric mendarat di India pada awal 2021


Mengurangi berat badan kendaraan akan memungkinkan pemasangan baterai yang lebih besar dengan jangkauan yang ditingkatkan--tanpa memengaruhi emisi CO2.

Komposit canggih menawarkan pengurangan bobot kendaraan yang signifikan, dan pada tahun 2022, Jaguar Land Rover berharap dapat mengembangkan armada kendaraan uji prototipe Tucana.

Konsorsium, yang dipimpin oleh Jaguar Land Rover, mempertemukan mitra akademis dan industri terkemuka dunia termasuk Warwick Manufacturing Group (WMG), Expert Tooling & Automation, Broetje-Automation UK, Toray International UK, CCP Gransden dan The Center for Modeling & Simulation (CFMS).

Pengembangan struktur bodi ringan baru untuk melengkapi powertrain tanpa emisi terbaru akan menjadi kunci seiring dengan kelanjutan rangkaian elektrifikasi kendaraan kami.

Marcus Henry, Manajer Riset di Jaguar Land Rover, mengatakan bahwa Tucana menunjukkan bagaimana perkembangan teknologi baru dapat dioptimalkan dan dipercepat dengan rekayasa digital.

Jaguar telah menyelesaikan elektrifikasi keluarga PACE dengan powertrain hybrid plug-in P300e yang ditawarkan pada Jaguar E-PACE baru dan P400e untuk Jaguar F-PACE bersama dengan Jaguar I-PACE serba listrik.

Demikian pula, Range Rover Velar baru sekarang ditawarkan dengan P400e, melengkapi opsi hybrid yang tersedia di seluruh keluarga Range Rover.

Baca juga: Land Rover Defender Hard Top 2021 terinspirasi kargo era 1950-an

Baca juga: INEOS Automotive umumkan desain eksterior Grenadier 4x4

Baca juga: Tata Motors kecam rumor jual saham Jaguar Land Rover
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021