Jakarta (ANTARA) - PT DAS Indonesia, agen pemegang merek Jeep di Indonesia, mengawali tahun 2021 dengan merilis dua kendaraan terbaru yakni Jeep Gladiator dan Jeep Wrangler Rubicon di Bogor, Jawa Barat pada Rabu (27/1).

Dua kendaraan itu menjadi saksi kebangkitan Jeep di Indonesia, sekaligus menegaskan komitmen mereka untuk penggemarnya dengan merilis dua mobil pertama untuk pasar otomotif di Nusantara.

ANTARA berkesempatan menjajal Jeep Gladiator pada acara bertajuk "Camp Jeep Media 2021" di medan jalan off-road yang menjadi habitat asli Jeep. Berlokasi di Jeep Station Indonesia (JSI) dengan nuansa off-road yang kuat, penyelenggara telah menyiapkan beberapa handicap untuk disantap peserta test drive.

"Kegiatan ini juga sekaligus untuk membangun relasi antara DAS Indonesia sebagai new authorized sole distribution untuk Jeep di Indonesia dengan rekan-rekan media," kata Chief Operating Officer PT DAS Indonesia, Dhani Yahya, di Bogor.

Baca juga: Jeep ungkap harga Wrangler Rubicon dan Sahara 4xe

Baca juga: Perkiraan harga Jeep Compass & All New Grand Cherokee

 
Peluncuran Jeep Wrangler dan Gladiator (ANTARA/Chairu Rohman)


Mobil berbodi gagah yang dijajal adalah Jeep Gladiator yang menawarkan akomodasi mumpuni untuk berbagai keperluan pemiliknya. Lebih dari itu, Jeep Gladiator juga dibangun berdasarkan struktur frame yang berkualitas tinggi serta memberikan kenyamanan selama berkendara.

Demi menopang kebutuhan petualang tersebut, Jeep Gladiator dibekali mesin berkapastas besar, yakni 3.6L Pentastar V6 yang mampu memproduksi tenaga 285 horse power dan torsi maksimal 353 Nm. Tenaga tersebut juga dikolaborasikan dengan transmisi automatic delapan percepatan.

"Jeep Gladiator memberikan pengalaman baru dalam berkendara bagi pecinta Jeep di Indonesia. Model double cab yang khas, serta mampu mengakomodir segala kebutuhan petualang, disandingkan dalam satu kepraktisan melalui model ini. Performa yang dibutuhkan untuk menaklukkan segala jenis medan dihasilkan dari mesin hi-tech kami yang disalurkan melalui keempat rodanya," kata dia.

Dari segi penampilan, kendaraan doubel cab ini terlihat sangat gahar. Meski demikian, pada bagian sisi dalam kendaraan ini cukup modern dengan berbagai fitur andalan untuk menunjang kebutuhan off road maupun on road.

Lintasan Jeep Station Indonesia juga didesain untuk menghadirkan rintangan yang pas untuk menguji ketangkasan Jeep Gladiator dan Jeep Wrangler. Keterampilan mengemudi di medan off road juga menjadi satu tantangan bagi peserta, bagaimana cara menaklukkan dan melewati setiap rintangan yang dihadirkan di area off road Jeep Station Indnesia.

Terdapat fitur Selec-speed control yang membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road tanpa menginjak pedal gas dan rem. Mereka hanya perlu mengontrol mobil agar tetap berada di jalurnya.

Command Trac 4X4 yang merupakan sistem untuk kemampuan off road di segala cuaca. Dukungan sistem shifton-the-fly paruh waktu dapat membagi torsi 50/50 antara as roda depan dan belakang agar memiliki ketangguhan untuk daya tarik.

Transfer case juga terbukti dapat bekerja mulus saat transisi 2WD ke 4WD dengan kecepatan hingga 45 km/jam dan itu terbukti pada saat ANTARA mencoba langsung.

Jeep Gladiator juga dibekali Rock-Track 4X4 yang memungkinkan mobil berjalan pelan untuk lebih mengontrol dan meningkatkan torsi yang tersedia dari ruang mesin untuk menapaki medan off road.

Kendaraan off road ini juga hadir dengan fitur OFF-ROAD +, dimana sistem lanjutan ini mampu menyesuaikan secara otomatis mengenai parameter kinerja untuk medan ketika Anda sedang berkendara baik di medan 4-HI (Pasir / Lumpur) atau 4-LO (Rock Crawling).
 
Peluncuran Jeep Wrangler dan Gladiator (ANTARA/Chairu Rohman)


Poin penting pada kendaraan off road terletak pada suspensi. Jeep Gladiator hadir dengan suspensi Fox Shock dengan bodi alumunium berdiameter 2 inch. Meski kehadiran suspensi ini sangat kental dengan aura balap off road, namun perusahaan sudah melakukan penyesuaian agar mampu memberikan kenyamanan saat digunakan di jalan raya.

Terdapat fitur layar 8,4 inch dengan Uconnect 4C NAV, blind spot monitoring and rear cross path detection, electronic stability control, parkview rear back up camera, parksense rear park assist system, trailer sway control, advantage multistage air bags, supplemental front seat mounted side air bags, forward collision warning plus, enhanced accident response system dan beberapa lainnya.

"Jeep Gladiator memberikan pengalaman baru dalam berkendara bagi pecinta Jeep di Indonesia. Model double cab yang khas, serta mampu mengakomodir segala kebutuhan petualang, disandingkan dalam satu kepraktisan melalui model ini. Performa yang dibutuhkan untuk menaklukan segala jenis medan dihasilkan dari mesin hi-tech kami yang disalurkan melalui keempat rodanya," tutup Dhani Yahya.

Untuk harga, Jeep Wraangler seharga Rp1,6 Miliar off the road, sedangkan Gladiator seharga Rp1,9 miliar off the road.

Baca juga: DAS Indonesia buka dua diler baru Jeep

Baca juga: Baru, Jeep Grand Cherokee 2021 muat 7 penumpang

Baca juga: Fiat Chrysler produksi Jeep, Alfa Romeo listrik di Polandia

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021