Jakarta (ANTARA) - Volkswagen masif mengembangkan mobil listrik, dan sekarang mulai memasarkan Tiguan, SUV terlarisnya, dalam model hybrid baru yang mampu menjangkau 50 km tanpa emisi di perkotaan.

Tiguan eHybrid sekarang tersedia untuk dikonfigurasi dan dipesan dengan harga mulai 42.413 euro di Jerman atau sekira Rp713,9 juta, kata Volkswagen di laman resminya, dikutip Rabu.

Motor listrik di atas Tiguan eHybrid memungkinkan sebagian besar perjalanan sehari-hari terlindungi tanpa menimbulkan emisi lokal. Motor listrik dan mesin TSI dikombinasikan.

Dalam mode Hybrid, motor listrik mendukung mesin 1.4 liter TSI dan bertindak seperti booster tambahan. Dalam mode itu, Tiguan akan melaju dengan tenaga listrik sepenuhnya.

Dalam pemulihan selama pengeraman, kendaraan ini akan mengisi ulang baterai sehingga ada cukup energi listrik dalam perjalanan jauh dengan mematikan mesin bensin tergantung situasinya, atau sebagai tenaga tambahan.

Baca juga: VW ingin buat mobil listrik kecil untuk dijual massal

Baca juga: VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg

 
VW Tiguan eHybrid. (ANTARA/Volkswagen)


Pengemudi Tiguan eHybrid dapat secara manual mengaktifkan mode GTE, motor listrik dan mesin TSI bersamaan, menghasilkan kinerja yang sangat dinamis. Kedua unit penggerak bersama-sama menghasilkan torsi sistem maksimum 400 newton meter.

Penggerak plug-in hybrid menghasilkan daya sistem 180 kW (245 PS) dan telah diprogram sehingga Tiguan eHybrid dapat memulai dalam mode EV, asalkan baterai cukup terisi dan suhunya di atas -10°C.

Tiguan eHybrid menjangkau hingga 50 kilometer dalam mode listrik--cukup untuk hampir semua perjalanan sehari-hari. Dengan asumsi daya tersebut terisi secara konsisten, Tiguan eHybrid juga dapat digunakan sebagai kendaraan listrik yang lengkap untuk sebagian besar perjalanan sepanjang tahun.

Baterai Tiguan disusun di lantai kendaraan di depan poros belakang. Dengan menggunakan pengisi daya dengan konektor untuk soket domestik konvensional dengan maksimum 2,3 kW, atau hingga 3,6 kW di stasiun pengisian daya atau stasiun pengisian daya rumah.

Tiguan eHybrid tersedia dalam tiga varian, yakni Life, Elegance dan R-Line.

Baca juga: Audi VW akan luncurkan 8 mobil listrik di Korea Selatan pada 2023

Baca juga: VW ujicoba wallbox pengisi daya mobil listrik

Baca juga: Volkswagen pangkas produksi karena pasokan terganggu
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020