Jakarta (ANTARA) - Daimler Truck AG merangkul Beiqi Foton Motor Co Ltd untuk memproduksi dan mendistribusikan kendaraan truk Mercedes-Benz untuk pasar China sebagai bagian dari lokalisasi produksi truk "Made in China for China".

Berdasarkan strategi platform global Daimler Trucks, perusahaan patungan Beijing Foton Daimler Automotive Co Ltd (BFDA) akan melokalkan model traktor heavy-duty baru yang sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan China.

Kendaraan akan mendapatkan teknologi Truk Daimler yang mutakhir. Mulai produksi model traktor tugas berat dijadwalkan dalam dua tahun dari sekarang di pabrik truk baru di Huairou (Beijing) milik BFDA.

Usaha patungan tersebut menginvestasikan lebih dari 3,8 miliar yuan (lebih dari 485 juta euro) atau sekira Rp7,83 triliun untuk akuisisi pabrik dan pembangunan infrastruktur baru serta jalur produksi.

Baca juga: Daimler desak stasiun pengisian daya mobil listrik diperluas

Baca juga: Daimler sematkan pengereman otomatis ke bus Mercedes-Benz


Pada saat yang sama, Daimler Truck akan terus mengimpor dan menjual model lain dari portofolio Mercedes-Benz-nya baik melalui jaringan dealer yang ada maupun grosir langsung untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan truk terbaik untuk aplikasi khusus--misalnya untuk sektor konstruksi China yang berkembang pesat.

Daimler Trucks dan Foton merencanakan produksi lokal penuh untuk mulai beroperasi dalam dua tahun dari sekarang, didukung oleh basis pemasok lokal, yang akan semakin diperkuat di tahun-tahun mendatang.

Detail tentang spesifikasi produk dan pengenalan pasarnya akan diumumkan di lain waktu.

“Di Daimler Trucks, adalah tujuan strategis kami untuk memimpin secara global dan menciptakan nilai bagi pelanggan kami di seluruh dunia. China, pasar truk terbesar di dunia, adalah yang paling penting bagi kami dan telah menjadi salah satu pasar penting kami untuk pertumbuhan di masa depan,” kata Martin Daum, CEO Daimler Truck AG, dikutip Senin.

Pasar truk China sedang mengalami transformasi, terutama di pasar transportasi jarak jauh. Industri e-commerce dan logistik yang berkembang menawarkan peluang besar.

Proyek lokalisasi truk heavy-duty Mercedes-Benz saat ini merupakan evolusi dan peningkatan kerja sama Foton Daimler dan langkah strategis yang tepat untuk mengembangkan pasar China lebih lanjut.

Baca juga: Mercedes-Benz eActros dan GenH2 raih Truck Innovation Award

Baca juga: Daimler ingin gandakan penjualan Mercedes-Benz Maybach

Baca juga: Daimler dan Geely sepakat kembangkan mesin bersama-sama
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020