Jakarta (ANTARA) - Gelaran kompetisi DCVI TechMasters dan SalesMasters 2022-2023, yang dilaksanakan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) masuki tahap babak final dan telah menyaring 15 finalis.

Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Naeem Hassim mengatakan bahwa gelaran yang sudah dilaksanakan sejak November 2022 hingga Februari 2023 ini memiliki perbedaan dibanding tahun sebelumnya.

Naem Hasim menyatakan bahwa tahun ini terdapat tiga elemen job profile yang disatukan dalam satu tim, yaitu Service Advisor, Part Process Specialist, dan Technician.

"Kami berharap kedua kompetisi ini bisa menjadi ajang pembelajaran dan pengembangan diri kepada truck sales consultant dan tim purna jual dari diler resmi DCVI di seluruh Indonesia," kata Naeem Hassim di DCVI CSP Training, Tangerang Selatan pada Senin.

Baca juga: Mercedes perkirakan pertumbuhan dua digit di India pada 2023

Diselenggarakannya agenda rutin ini, dikatakan oleh Naeem Hassim bakal menghadirkan talenta-talenta baru untuk memberikan pelayanan terbaik di diler resmi milik DCVI. Dengan begitu, kepuasan pelanggan juga akan terjamin.

"Dan saya percaya, kompetisi ini juga dapat meningkatkan kebanggaan dan pencapaian para peserta sebagai bagian dari keluarga besar Daimler Commercial Vehicles Indonesia," ucap Naeem Hassim.

Kompetisi ini juga dimaksudkan untuk menanggapi tren industri otomotif yang begitu cepat berkembang setiap tahunnya, begitu juga dengan industri kendaraan niaga yang banyak mengusung konsep modern di setiap unitnya.
 
FInalis yang sedang mengikuti rangkaian uji dari ajang DCVI TechMasters dan SalesMasters 2022-2023 di DCVI CSP Training, Ciptutat, Tangerang, Senin (06/02/2023).


Faustina selaku Kepala Produk dan Pemasaran PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia membenarkan hal tersebut, sehingga pihaknya berharap dengan adanya agenda rutin ini akan lebih memberikan pengalaman kepada setiap keluarga DMCI di Indonesia.

"Kompetisi ini didesain untuk mengembangkan lebih banyak talenta berpengalaman dalam bisnis kendaraan niaga yang kami jalankan sehingga pelanggan dapat menerima produk truk dan bus beserta pelayanannya yang sesuai dengan dengan aktivitas operasional," ucap dia.

Saat ini, terdapat 12 tim yang lolos ke babak final dan kemudian disortir menjadi tiga tim terbaik dari setiap kategori melalui tes pengetahuan job profile secara individu dan tes praktik yang dilakukan per tim.

Babak final kompetisi DCVI TechMasters 2022 dilaksanakan di DCVI CSP Training, Ciputat, Tangerang Selatan. Kompetisi bertaraf nasional ini menghasilkan beberapa finalis untuk tiga kategori, yaitu Truk Mercedes-Benz Axor, Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs, dan Bus Mercedes-Benz.

Peserta finalis ini berasal dari PT Alun Indah, PT Bintang Kutai Motor, PT Citrakarya Pranata, PT Eurotruk Transindo, dan PT Hartono Raya Motor, serta PT Panji Rama Otomotif.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya TechMasters terlaksana secara sukses pada tahun 2019-2020 dengan dua kategori, yaitu kategori bus dan truk. Juara di kategori bus diraih oleh PT Transforma Oto Prima-Surabaya dan juara kategori truk diraih oleh PT Citrakarya Pranata-Bandung.

Sementara itu, SalesMasters pertama kali diadakan pada tahun 2021 secara online dengan dua kategori yaitu Truk Mercedes-Benz Axor dan Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs.

Kompetisi tersebut digelar kembali dan diadakan serentak di Ciputat dan Wanaherang (6 Februari 2023). Melalui perhelatan kedua kompetisi ini, diharapkan diler resmi DCVI dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan andal bagi masyarakat.

"Dengan adanya kompetisi ini, para peserta bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi diler tempat mereka bekerja atau untuk peningkatan kemampuan mereka. Karena tidak hanya berkompetisi, di sini mereka bisa bertukar ilmu dengan rekan sejawat," tutup dia.

Baca juga: Mercedes-Benz Korea akan lebih perkuat jajaran kendaraan listrik

Baca juga: Mercedes-Benz dilaporkan dapat hapus merek EQ untuk EV mulai 2024

Baca juga: Mercedes-Benz bukukan penjualan 3.184 unit di Indonesia pada 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023