Jakarta (ANTARA) - Perkembangan bisnis Daimler Truck global menguat di kuartal pertama 2023, didorong oleh tingkat permintaan yang tinggi serta peningkatan penjualan unit.

"Setelah kuartal pertama, kami dapat menyatakan bahwa Daimler Truck memulai tahun ini dengan kuat dan kokoh, dan kami yakin berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami," ujar Chief Financial Officer (CFO) Daimler Truck Jochen Goetz dalam rilis pers, Selasa.

Pada kuartal pertama tahun keuangan saat ini, Daimler Truck meningkatkan penjualan unitnya sebesar 15 persen menjadi 125.172 unit, dibanding dengan kuartal pertama tahun 2022 sebanyak 109.286 unit.

Pendapatan Daimler Truck pada kuartal pertama juga meningkat sebesar 25 persen menjadi 13,2 miliar euro, dibanding pada periode yang sama tahun lalu sebesar 10,6 miliar euro.

Laba bersih yang didapatkan Daimler Truck pada kuartal pertama tahun ini sebesar 795 juta euro, secara signifikan berada di atas kuartal tahun sebelumnya yaitu sebesar 275 juta euro.

Daimler Truck juga mendapatkan sejumlah 168 juta euro arus kas bebas dari bisnis industri, yang meningkat 129 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni 73 juta euro.

Hasil penjualan yang disesuaikan (adjusted ROS) mencapai 8,8 persen pada kuartal pertama 2023, dibandingkan periode tahun sebelumnya yakni 5,9 persen.

Laba per saham mencapai 0,90 euro, naik 189 persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022 sebesar 0,31 euro.

"Permintaan terhadap produk truk, produk bus, dan layanan kami yang senantiasa tinggi merupakan fondasi baik yang kokoh untuk menjaga momentum positif pada kuartal-kuartal berikutnya," ujar Goetz.

Daimler Truck Global menyatakan terus mengharapkan perkembangan yang kuat dan kokoh di pasar penjualan kendaraan niaga.

Baca juga: Daimler Truck hadirkan dua Mercedes-Benz standar Euro 5 di Indonesia

Baca juga: Daimler mulai produksi truk bermerek Mercedes-Benz di China

Baca juga: Daimler Truck akan mulai perakitan bus listrik Mercedes-Benz di Brasil
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023