Jakarta (ANTARA) - Distributor tunggal ban merek Yokohama di Indonesia, PT YHI Indonesia, meluncurkan dua produk terbaru yakni BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058.

"Kedua ban itu kami perkenalkan di Tanah Air karena memiliki keunggulan di kelasnya masing-masing. Ban Yokohama BluEarth-GT AE51 merupakan ban bagi mobil-mobil Grand Touring yang tak hanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh tapi juga untuk pemakaian harian di perkotaan," kata Deputy General Manager PT YHI Indonesia, Eka Satria, dalam siaran pers, Senin.

"Sementara Yokohama Geolandar CV G058 ditujukan untuk mobil-mobil di kelas Mid-Size dan Crossover SUV yang membutuhkan ban untuk performa terbaik di berbagai kondisi jalan,” ujar Eka.

Yokohama BluEarth-GT AE51

BluEarth-GT AE51 merupakan produk anyar dari keluarga ban BluEarth yang menjadi penerus tipe BluEarth-A AE50. Ban yang dikenalkan di Jepang pada 2019 itu menawarkan keunggulan efisiensi bahan bakar dan kenyamanan dalam berkendara.

Kode GT dalam BluEarth-GT AE51 mengandung makna “Grand Touring” yang ditujukan untuk pengendaraan jarak jauh dengan performa stabil, baik di lintasan basah maupun kering.
 
Yokohama BluEarth-GT AE51 (ANTARA/HO)


BluEarth-GT AE51 memiliki pola telapak asimetris dengan tiga garis di bagian tengah (Triple Centre Rib) guna memastikan stabilitas pada kecepatan tinggi, dan alur garis menyerupai petir (Lightning Grooves) untuk meningkatkan traksi hingga ke tepi alur.

Baca juga: Yokohama luncurkan ban dengan tingkat kebisingan minimal

Baca juga: Ban sport yang cocok untuk kegunaan harian


Ban itu memakai compound campuran karet “A.R.T. Mixing” (Advanced Reaction Technology in Mixing) terbaru dengan nano-blend rubber (termasuk silika ganda dan polimer campuran) yang mampu memberikan keseimbangan dan cengkeraman di kondisi jalan basah.

BluEarth-GT AE51 dipilih sebagai ban original equipment manufacturers (OEM) untuk Lexus, Toyota dan Mazda, yang diproduksi dalam 66 ukuran mulai ring 14 hingga ring 19 yang dijual dengan harga mulai Rp1 jutaan.

Yokohama Geolandar CV G058

Geolandar CV G058 merupakan penerus ban Geolandar SUV G055 yang pertama kali diluncurkan pada 2012. CV G058 kini memiliki kemampuan ban All Season yang menyuguhkan kenyamanan dalam perjalanan jauh.

Pola telapak ban Geolandar CV G058 menampilkan beberapa alur khas (sipe-based pattern-A) milik Yokohama, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi.
 
Yokohama Geolandar CV G058 (ANTARA/HO)


Pola telapak itu menggabungkan sipes kombinasi 2D/3D (B) untuk meningkatkan daya tahan ban terhadap keausan yang tidak rata sekaligus meningkatkan traksi di jalan yang basah dan bahkan jika menemui jalanan tertutup salju.

Penggunaan empat alur kombinasi di bagian tengah telapak (C) juga dapat lebih meningkatkan traksi sekaligus mencegah gejala hydroplaning. Sedangkan variasi lima pola telapak juga dapat memangkas kebisingan.

Dibandingkan Geolandar SUV G055, CV G058 memiliki kemampuan pengereman di jalan basah yang meningkat 12 persen dengan stabilitas pengendalian di kondisi basah meningkat 13% persen, tingkat kebisingan jalan dan pola telapak berturut-turut berkurang 34 persen dan 9 persen.

Geolandar CV G058 memiliki 43 ukuran mulai ring 15 hingga ring 20 dengan harga mulai dari Rp2 jutaan.

"Selain dua produk tersebut, kami juga tengah mempertimbangkan untuk memperkenalkan satu produk lainnya di sini yaitu Yokohama BluEarth-XT AE61 yang diperuntukan bagi Urban dan Crossover SUV,” tambah Eka.


Baca juga: Jelang musim hujan, jangan lupa cek kondisi ban mobil

Baca juga: Alasan ban sport tidak disarankan untuk pengunaan harian

Baca juga: Yokohama sediakan ban khusus MPV dari ekstrak kulit jeruk

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020