Jakarta (ANTARA) - Menyusul dirilisnya mobil Kei Car Daihatsu--Taft Reborn dan SUV Rocky di Jepang, membuat pecinta otomotif bertanya-tanya kapan kedua model legendaris ini dapat segera dijajal di Indonesia.

Menurut Marketing Product Planning Div Head PT  Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, melalui diskusi virtual, Jumat, segmen Kei Car sendiri masih dinilai belum cocok untuk pasar Indonesia.

"Kei car sendiri memang khasnya Jepang dan belum cocok untuk Indonesia. Tapi, untuk Rocky dan Taft, kita tunggu tanggal mainnya saja," kata Anjar.

Baca juga: Daihatsu Rocky berstatus lima bintang JNCAP

Baca juga: Daihatsu Rocky tidak masuk Indonesia tahun ini


Sebagai tambahan informasi, Kei Car atau keijidosha (terjemahan: light automobile) adalah salah satu kategori kendaraan kecil di Jepang dengan mesin di bawah 660 CC.

Mobil ini dirancang sebagai jawaban terhadap peraturan pajak dan asuransi pemerintah Jepang yang mengukur tingkat emisi dari kendaraan tersebut.
 
Daihatsu Rocky (Daihatsu Global)


Lebih lanjut, Anjar mengatakan, kehadiran Daihatsu Rocky, Taft Reborn, dan Tanto merupakan beberapa mobil yang berhasil dikembangkan melalui konsep pengembangan produk Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Pengembangan produk yang termasuk di dalamnya adalah Kei Car, segmen A (contoh: Sigra, Calya), dan segmen B (contoh: Terios, Rush). DNGA, menurut Anjar, dapat mempercepat proses pengembangan produk-produk Daihatsu.

DNGA di Jepang sendiri dikenalkan di tahun 2017. Tak lama, Daihatsu sudah memunculkan Tanto pada Juli 2019. Daihatsu Tanto memiliki performa optimal, solid, dan stabil.

"New Tanto ini sudah pakai DNGA. Kabinnya luas dan nyaman. Mesin 660cc turbocharged dan transmisi D-CVT responsif, dilengkapi dengan Daihatsu Smart Assist untuk safety-nya," kata Anjar.
 
Model berpose di samping mobil Daihatsu Tanto yang dipamerkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (21/7/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ama. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)


Baca juga: Sigra kontributor utama penjualan Daihatsu selama pandemi

Baca juga: Jelang berlakunya PSBB ketat, bagaimana operasional di Daihatsu?


Selang beberapa bulan, tepatnya pada November 2019, Rocky lalu dirilis. Rocky ditenagai mesin 1.000cc turbocharged, dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) Squential.

Mobil ini juga dilengkapi dengan power mode dan Smart Assist serta konektivitas yang lengkap.

Tak lama, Taft Reborn kemudian dirilis di Jepang pada Juni 2020. Eksterior Taft Reborn yang merupakan akronim dari "Tough and Almighty Fun Toll", memiliki desain serba kotak yang esentrik.

Karena tergolong di jenis Kei Car, mesinnya berkapasitas 660 cc 3-silinder yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Daihatsu Taft Reborn di Jepang dipasarkan dalam tiga tipe, masing-masing tersedia atas dua pilihan penggerak roda, yaitu 2WD dan 4WD.

Baca juga: PT ADM bikin aplikasi kesehatan guna monitor protokol kesehatan

Baca juga: Daihatsu awali semester II dengan kenaikan penjualan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020