Jakarta (ANTARA) - Pasar otomotif Indonesia diramaikan dengan hadirnya mobil multiguna (multi purpose vehicle/MPV) Wuling Cortez CT Type S yang dijual dengan harga kompetitif, mulai Rp209 juta.

Cortez CT Type S merupakan varian terendah dari keluarga Wuling Cortez, yang sebelumnya dijual dengan rentang harga Rp238,5 juta hingga Rp290 juta.

Dengan rentang harga Rp200 jutaan, Wuling Cortez punya segmen pasar yang luas, mulai dari pembeli mobil pertama hingga keluarga muda yang sebelumnya menggunakan city car, kemudian beralih ke kendaraan keluarga yang memuat lebih banyak orang.

Harga tersebut juga membuat model ini akan menantang beberapa model MPV bermesin 1.500cc dengan rentang harga Rp200 jutaan, antara lain Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Toyota Avanza Veloz hingga Suzuki Ertiga.

Baca juga: Fakta menarik Wuling Cortez CT Type S

Baca juga: MPV baru Wuling Cortez Type S, "8-seater" harganya Rp209 juta


Lantas apa yang menjadi modal Cortez CT Type S untuk bersaing di kelas tersebut, berikut ulasannya berdasarkan lembar spesifikasi, Selasa:

Mesin Turbo
Wuling Cortez CT Type S (ANTARA/HO)


Mesin 1.500cc dengan tambahan kekuatan turbocharge menjadi daya tarik utama Cortez CT Type S, karena seluruh pesaingnya tidak memiliki fitur ini.

Cortez CT Type S menggunakan variabel katup DVVT dengan asupan turbo yang menjanjikan daya maksimal 140 HP dengan torsi 250 Nm. Dengan kekuatan itu, mobil ini dapat melaju nyaman dan bertenaga kendati seluruh kursi terisi penumpang.

Cortez CT Type S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan yang dijual Rp209 juta dan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) dengan harga Rp233 juta.

Captain Seat
Wuling Cortez CT Type S (ANTARA/HO)


Untuk kenyamanan optimal di bangku penumpang baris kedua, mobil ini menawarkan opsi captain seat yang membuat posisi duduk menjadi lebih lega dan nyaman karena posisi kursi yang bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Captain Seat umumnya tersedia pada mobil-mobil MPV kelas menengah ke atas. Namun fitur itu kini tersedia pada Cortez CT Type S di kelas mesin 1.500cc dengan harga Rp200 jutaan.

Fitur MPV menengah
Wuling Cortez CT Type S (ANTARA/HO)


Meski menjadi varian terendah di keluarga Cortez, namun fitur-fitur hiburan mobil ini bisa bersaing dengan mobil di kelas menengah. Terdapat layar hiburan 8 inci, speedometer digital dengan layar MID 3,5 inci, keyless entry, follow me home, hingga kamera parkir.

Salah satu fitur baru pada mobil ini adalah smart key yang dapat membuka kaca jendela mobil menggunakan remote.

Pada sisi keselamatan, terdapat fitur Dual SRS Airbags, ABS-EBD, rem cakram belakang, anti theft system, hingga emergency stop signal dan auto door lock by speed.

Kendati demikian, terdapat beberapa fitur yang ada pada Cortez tipe L namun absen pada Cortez CT Type S, antara lain sunroof, electric parking brake (auto hold), lampu kabut, dan hill hold control.

Harga kompetitif

Harga yang kompetitif menjadi modal besar Cortez CT Type S untuk bersaing di kelas MPV 1.500cc, apalagi mobil tersebut diperkaya ragam fitur. Saat ini, mobil-mobil keluarga 1.500cc dijual dengan rentang harga Rp205juta hingga Rp250 jutaan.

- Cortez CT S MT- 8-Seater Rp209.000.000
- Cortez CT S CVT-Captain Seat (Synthetic Leather) Rp233.000.000
- Cortez 1.5 C-MT Rp238.500.000
- Cortez 1.5 CVT-C Rp255.500.000
- Cortez 1.5 CVT-L Rp290.000.000

Lembar Spesifikasi
 
Wuling Cortez CT Type S (ANTARA/HO)


Baca juga: GM dan Wuling kembangkan pembangkit listrik dari baterai bekas

Baca juga: Tandai produk global, Wuling Victory akan pakai emblem silver

Baca juga: Wuling rilis gambar Victory untuk pasar domestik

 

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020