Jakarta (ANTARA) - Nikola Corp NKLA.O, spesialis pembuat kendaraan berbahan bakar hidrogen, sedang dalam proses untuk memilih mitra yang tepat guna memproduksi truk pickup Badger. Sementara itu, Nikola juga sedang berencana untuk memulai pengiriman rig besar komersial listriknya pada tahun depan.

"Ada tiga (pembuat mobil) dalam menjalankan usaha patungan pada Badger, dan kami akan mengumumkan siapa yang akan bergabung dengan kami dalam beberapa bulan ke depan," kata Ketua Eksekutif Perusahaan, Milton kepada Reuters, Kamis.

Milton mengatakan bahwa nantinya, Badger dipasaran akan bersaing dengan pembuat mobil listrik Tesla Inc, yakni Cybertruck yang akan dimulai pada 2022 atau sebelumnya. Nikola akan menyediakan Truk pikap itu dalam versi sel listrik dan sel bahan bakar.

Baca juga: China produksi baterai mobil listrik tahan 2 juta kilometer

Baca juga: Tesla akan kembangkan van listrik 12-penumpang


Nikola mengklaim, bahwa Badger nantinya akan memiliki jangkauan sejauh 600 mil, dibandingkan dengan jangkauan Cybertruck lebih dari 500 mil saja.

Milton juga mengatakan, pengiriman untuk truk komersial listriknya yang dibangun dalam kemitraan dengan CNH Industrial, pembuat truk Iveco Italia-Amerika, akan dimulai pada paruh kedua 2021 mendatang.

"Kami sedang dalam tahap membangun prototipe di jalur pabrik kami di Ulm, Jerman," katanya.

Pabrik Ulm Nikola memiliki kapasitas untuk memproduksi 35.000 truk per tahun. Perusahaan ini akan memulai satu pabrik lagi di Arizona yang akan memproduksi 35.000 truk komersial setiap tahun yang akan dimulai pada tahun ini.

Saat ini, Nikola juga berencana untuk memulai pengiriman truk komersial dengan versi sel bahan bakar hidrogen, yang memiliki jangkauan hingga 750 mil pada akhir tahun 2022 nanti.

Baca juga: Tesla Model 3 terjual belasan ribu unit dalam sebulan di China

Baca juga: Mau saingi Tesla, General Motors diam-diam garap van listrik

Baca juga: Polestar-nya Geely akan bangun showroom saingi Tesla

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020