Jakarta (ANTARA) - Kendaraan listrik murah bakal makin banyak mulai tahun ini, dan Kia Motors memastikan berkompetisi di segmen ini dengan menghadirkan Kia Rio generasi keempat yang di antaranya dibekali mesin hybrid dan transmisi manual cerdas.

Model yang ditingkatkan ini menghadirkan serangkaian perangkat tambahan untuk menyegarkan kembali posisi Rio dalam segmen-B yang sangat kompetitif.

Kia Rio baru juga mendapatkan pembaruan eksterior dan interior yang membawa fitur teknologi dan hiburan yang biasanya ada pada mobil besar,

Yang menarik, Rio baru juga menawarkan powertrain baru yang efisien--termasuk sistem mesin bensin yang dikombinasikan motor listrik 48V dari hybrid-ringan pertama Kia, ditambah transmisi manual cerdas baru 'clutch-by-wire'.

Baca juga: Bantu lawan corona, Kia Motors akan buat masker di pabrik China

Baca juga: KIA resmi meluncurkan K5 untuk pasar domestik


Kia Rio baru ini bakal dipasarkan pada kuartal ketiga 2020, dimulai dari Eropa, dengan garansi tujuh tahun atau 150.000 km.

"Model yang ditingkatkan ini dibangun di atas kekuatan utama mobil--kepraktisan, kualitas dan teknologi--dengan powertrain yang baru dialiri listrik, desain yang segar, dan fitur keselamatan dan telematika canggih yang sering ditemukan di mobil banyak segmen di atas," kata Emilio Herrera, Chief Operating Officer Kia Motors Eropa, dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu.

Sebagai model penting bagi Kia baik di Eropa maupun dunia, Herrera yakin peningkatan ini akan membuat Rio lebih sukses dari sebelumnya.

Rio adalah mobil Kia pertama yang ditenagai oleh powertrain kendaraan listrik hibrida ringan-MHEV (mild-hybrid electric vehicle).

Bukan dengan T-GDi generasi 1.0-liter Kappa, Rio baru memasangkan motor listrik dengan mesin baru Kia Smartstream 1,0-liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dengan bantuan torsi listrik dan pengereman regeneratif.

Mesin Smartstream menghasilkan tenaga yang sama dengan lini mesin Kappa sebelumnya--100 ps atau 120 ps--tetapi memungkinkan output torsi puncak 16 persen lebih tinggi untuk varian 120 ps (200 Nm).

Kia belum mengungkapkan harga Rio baru ini, namun sudah merinci pembaruan yang disematkan untuk meningkatkan daya saing Rio di pasar nanti.

Baca juga: Kia tawarkan asuransi bagi mereka yang terkena PHK di Eropa

Baca juga: Hyundai ditinggal Donckerwolke, mantan desainer Lamborghini & Bentley

Baca juga: Ho-sung Song, bos baru Kia yang fokus pada mobil otonom dan listrik
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020