Jakarta (ANTARA) - Di tengah pandemi corona, Volkswagen meluncurkan model anyarnya VW Golf GTI generasi delapan yang diklaim lebih digital, tajam, dan lebih mudah untuk bermanuver dibanding sebelumnya.

Golf GTI baru itu dibekali mesin turbo yang menghasilkan tenaga maksimum 180 kW (245 PS). Vehicle Dynamics Manager baru secara cerdas mengelola sistem roda gigi berjalan elektromekanis.

Vehicle Dynamics Manager membuat VW Golf GTI memiliki sistem penggerak roda depan yang sempurna. “Sistem kontrol level yang lebih tinggi ini secara terpusat mengoordinasikan semua fungsi roda gigi yang berjalan secara elektromekanis,” jelas Karsten Schebsdat, Kepala Dinamika Mengemudi, Sistem Kemudi dan Kontrol.

Baca juga: VW akan buat mobil listrik murah untuk Eropa dan Asia

Baca juga: VW resmi operasikan lagi pabrik Wolfsburg, 1.400 unit sepekan


“Berkat kombinasi pengaturan roda gigi berjalan yang baru, ditambah diferensial penguncian gandar-depan dan Vehicle Dynamics Manager, kami dapat meningkatkan kinerja keseluruhan Golf GTI yang luar biasa ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya, dikutip dari laman VW, Minggu.

Desain Golf GTI ini menggabungkan karakter dan fungsionalitas yang superior dan sporty. "Golf GTI baru menawarkan pusat gravitasi visual yang sangat rendah yang kami raih melalui intake udara lebar di depan dan garis bahu yang mencolok," kata Klaus Bischoff, Kepala Departemen Desain Grup Volkswagen.

Lampu LED standar telah diatur rendah ke bawah. Ini secara opsional tersedia sebagai IQ.LIGHT--lampu depan matriks LED.

Lampu depannya itu membentuk palang yang mencolok bersamaan dengan gril radiator. Garis GTI merah khas pada bagian atas kap mesin membentang di bagian depan.

Untuk pertama kalinya, gril radiator dapat disinari dengan strip LED tipis yang memanjang ke lampu LED siang hari modul lampu depan di kanan dan kiri.

Golf GTI baru ini dibekali velg standar 17-inci Richmond yang sangat cocok dengan desain badan kendaraan. Di bagian belakang, spoiler atap GTI yang meluas secara signifikan ke arah belakang meningkatkan tenaga di gandar belakang.

Baca juga: VW mulai berproduksi lagi di beberapa negara

Baca juga: VW SEAT buat ventilator dari wiper mobil


Di bawah, diffuser sporty membedakan edisi baru ikon ini dari versi lain dari lini produk dengan mesin yang lebih kecil. Sesuai dengan tradisi GTI, sistem knalpot model baru memiliki satu ujung knalpot masing-masing di sebelah kiri dan kanan.

Volkswagen menghadirkan kembali desain interior klasik Golf GTI edisi pertama 1976 ke generasi terbaru ini, dengan menambahkan kemampuan digital.

GTI Golf tidak lagi memiliki kunci kontak, dan telah digantikan oleh tombol Start/Stop Engine sebagai standar. Sebagai fitur yang benar-benar baru, setelah pintu dibuka, tombolnya merah hingga mesin GTI dinyalakan.

Roda kemudi sport di masa lampau telah diubah menjadi roda kemudi sport multi-fungsi berbalut kulit baru dengan kontrol sentuh dan tombol Travel Assist opsional untuk membantu Golf GTI mencapai kecepatan tertinggi 210 km/jam saat Travel Assist diaktifkan.

Sistem hiburannya didukung layar 8,25 inci, dipasang di kendaraan ini sebagai standar, sedangkan sistem Discover Pro 10 inci tersedia sebagai tambahan opsional untuk paket ekspansi paling canggih.

Terlepas dari sistem infotainment yang ada di atas GTI Golf, perpaduan sistem visual dan fungsional menciptakan arsitektur digital baru dan konsisten.

Pencahayaan latar belakang, yang datang sebagai standar, memandikan layar dan banyak area interior lainnya yang diterangi dalam spektrum 30 warna yang dapat dikonfigurasi.

Baca juga: Penjualan mobil di Rusia terjun 72 persen

Baca juga: Volkswagen investasikan 450 juta euro untuk produksi baterai

Baca juga: Volkswagen hentikan pengiriman Golf 8 karena masalah software

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020