Jakarta (ANTARA) - Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta bersama dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengubah mobil Daihatsu Xenia untuk menjadi kendaraan operasional Swab Test.

"Dalam hal ini, para mahasiswa mengajak Daihatsu dalam pengadaan sebuah kendaraan keliling untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan lewat RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), atau lebih dikenal dengan istilah swab test," ungkap General Affairs Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Haryanto Nurya Hadiwijaya dalam keterangan resminya, Senin.

Melihat inisiatif tersebut, Daihatsu merespon positif dengan mendonasikan mobil Daihatsu Xenia yang dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil Siaga Covid-19.

Baca juga: Daihatsu berikan kelonggaran garansi di masa PSBB

Baca juga: Karena corona, mobil-mobil ini dirilis virtual di Indonesia, apa saja?


Donasi itu merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19, sejalan dengan salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

Sesuai namanya, mobil Siaga Covid-19 berfungsi sebagai kendaraan swab test keliling, guna membantu masyarakat yang membutuhkan pengecekan swab test, dengan tetap menjaga keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan.

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Sehingga, selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan APD.

Mobil itu juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

“Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan
dan penanganan Covid-19 di area Yogyakarta,” tutur Haryanto Nurya Hadiwijaya.

Baca juga: PT Astra Daihatsu Motor hadirkan kompetisi digital teman komunitas

Baca juga: Daftar mobil baru harga di bawah Rp150 jutaan

Baca juga: PT ADM berikan pelatihan produksi dengan protokol COVID-19
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020