Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang sebelumnya mendesak General Motors Co (GM) pada hari Jumat (27/3) untuk segera memproduksi ventilator yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi pandemi virus corona (COVID-19), tiba-tiba memuji GM yang dinilai telah melakukan kemajuan.

"General Motors melakukan pekerjaan yang fantastis. Saya tidak berpikir kita perlu khawatir tentang General Motors," kata Trump dikutip dari Reuters, Senin.

"Mereka tampaknya benar-benar bekerja sangat, sangat keras. Saya pikir saya mendapatkan laporan yang sangat bagus tentang General Motors," ujarnya melanjutkan.

Trump, sebelumnya mengatakan bahwa GM "membuang-buang waktu" dalam negosiasi. GM sebelumnya telah mengumumkan, bahwa pihaknya akan memulai membangun ventilator dengan cepat.

Pada hari Minggu (29/3) GM meyakinkan publik untuk bergerak maju dan merilis foto-foto upaya untuk membangun ventilatornya di pabrik Kokomo, Indiana.

Kepala Manufaktur GM, Gerald Johnson, mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan bertujuan untuk memproduksi 10 ribu ventilator dalam sebulan di musim panas.

GM telah bekerja dengan perusahaan ventilator Ventec Life Systems. Mereka mengatakan akan mengerahkan 1.000 pekerja untuk membangun ventilator di pabrik bagian dan kapal Kokomo, Indiana.

Baca juga: Trump desak GM untuk segera buat ventilator medis

Baca juga: Trump izinkan GM, Ford, Tesla buat ventilator, bantu RS tangani corona

Baca juga: GM dan Ford bahas bantuan medis perangi corona bersama pemerintah AS

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020