Jakarta (ANTARA) - United Auto Workers (UAW), General Motors(GM), Ford, dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) membentuk Satuan Tugas COVID-19/coronavirus untuk meningkatkan perlindungan bagi karyawan di pabrik maupun gudang mereka.

Baca juga: Karyawan Toyota digilir "ngantor" cegah corona

Presiden UAW Rory Gamble, Ketua dan CEO GM Mary Barra, Ketua Eksekutif Ford Bill Ford, Presiden dan CEO Ford Jim Hackett dan CEO FCA Michael Manley akan memimpin gugus tugas itu.

"Kesehatan dan keselamatan tempat kerja adalah prioritas bagi kami setiap hari, ketiga perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk menjaga COVID-19/coronavirus muncul dari fasilitas mereka dan selama keadaan darurat nasional ini, kami akan melakukan lebih banyak lagi kerja sama," kata Gamble, yang mengumpulkan para pemimpin dari ketiga perusahaan.

"Kami fokus pada melakukan hal yang benar untuk orang-orang kami, keluarga mereka, komunitas kami dan negara. Semua opsi terkait dengan perlindungan terhadap paparan virus ada di atas meja," katanya, dikutip Selasa.

Baca juga: Ferrari tutup pabrik dua pekan, karyawan tetap digaji penuh

Dalam pernyataan bersama, para pemimpin GM, Ford dan FCA mengatakan,"Ini adalah situasi yang tidak terduga dan belum pernah terjadi sebelumnya, dan gugus tugas akan bergerak cepat untuk membangun langkah-langkah pencegahan luas yang telah kami lakukan. Kami semua datang bersama untuk membantu menjaga tenaga kerja kita tetap aman dan sehat."

Ketiga perusahaan dan UAW bekerja untuk mengoordinasikan tindakan untuk mencegah penyebaran COVID-19/coronavirus, termasuk peningkatan pemeriksaan pengunjung, peningkatan pembersihan dan sanitasi area umum dan titik sentuh, dan penerapan protokol keselamatan untuk orang-orang dengan potensi paparan, juga bagi mereka yang menunjukkan gejala seperti flu.

Area fokus gugus tugas bersama akan mencakup rencana produksi kendaraan, jarak sosial tambahan, jadwal istirahat dan pembersihan, pendidikan kesehatan dan keselamatan, penyaringan kesehatan, layanan makanan, dan area lain yang berpotensi meningkatkan perlindungan bagi karyawan.

Ketika gugus tugas bersama mengidentifikasi peningkatan, setiap perusahaan, bersama-sama dengan UAW, akan memberikan pembaruan rutin kepada para pekerja di fasilitas mereka.


Baca juga: Fiat kembali berproduksi usai berhenti 24 jam karena corona

Baca juga: GM dan Ford minta karyawannya bekerja dari rumah

Baca juga: Industri otomotif Dongfeng Honda di Wuhan mulai beroperasi lagi

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020