Jakarta (ANTARA) - Daimler resmi meluncurkan divisi baru di Indonesia yang khusus menjalankan produksi kendaraan niaga, yakni PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia (DCVMI).

Dijelaskan Presiden Direktur DCVMI, Tim Grieger, bahwa struktur organisasi ini merupakan implementasi dari global project future Daimler AG.

"PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia akan bertanggung jawab dalam memproduksi dan merakit kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia. Sementara itu, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) bertugas sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk distribusi kendaraan niaga Mercedes-Benz," jelas Tim Grieger di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Daimler pamer bus listrik Mercedes-Benz eCitaro

Baca juga: SUV Mercedes-Benz EQC akan dibanderol Rp953 juta


Dalam mempersiapkan struktur organisasi ini, Daimler AG telah menghabiskan waktu kurang lebih selama dua tahun untuk mempersiapkan secara intensif implementasi struktur baru dan telah membagi berbagai bisnisnya di seluruh dunia ke divisi yang berbeda-beda.

"Kehadiran DCVMI merupakan implementasi dari Project Future oleh Daimler AG di Indonesia. Kami berharap kehadiran DCVMI dapat membuat divisi kendaraan niaga Mercedes Benz di Indonesia menjadi lebih fokus dan kompetitif sesuai dengan fungsi masing- masing entitas," kata Tim Grieger.

Sementara itu, menurut dia, perubahan struktural organisasi ini merupakan bagian dari komitmen kami terhadap pasar di Indonesia dengan harapan dapat membawa kesuksesan untuk mobilitas masa depan dengan strategi bisnis berkelanjutan kami di Indonesia.

Seperti diketahui, Project Future ini telah diluncurkan oleh Daimler AG pada 2018 yang lalu guna memulai transformasi struktural yang visioner, dengan tiga entitas independen di bawah satu atap.

Tiga perusahaan independen yang beroperasi secara hukum di bawah payung Daimler AG, Mercedes-Benz AG (bertanggung jawab untuk kendaraan penumpang Mercedes-Benz & vans), Daimler Truck AG (bertanggung jawab untuk 7 merek kuat global truk & bus), dan Daimler Mobility AG (bertanggung jawab untuk layanan mobilitas, serta layanan keuangan).

Dalam konteks ini, perubahan struktural organisasi pada Mercedes-Benz juga dimulai di Indonesia, dengan berdirinya PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia sebagai distributor tunggal untuk kendaraan niaga Mercedes-Benz dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai distributor tunggal kendaraan penumpang Mercedes-Benz dan vans.

DCVMI Indonesia diharapkan dapat melanjutkan kesuksesan yang telah diraih oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia melalui pabrik di Wanaherang, seperti meluncurkan truk heavy-duty Mercedes-Benz tipe Axor tahun 2017 lalu, menambah ragam model kendaraan niaga yang dirakit oleh Daimler secara lokal.

Baca juga: Daimler Indonesia klaim raih penjualan tinggi di 2019

Baca juga: Daimler merencanakan akan pangkas 15.000 pekerja mereka

Baca juga: Sedan klasik Mercedes-Benz rakitan Indonesia tampil di Museum Nasional
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020