Jakarta (ANTARA) - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengenalkan crossover SUV terbaru mereka untuk pasar Indonesia pada Selasa (28/1), yakni Mazda CX30, yang mengusung evolusi terbaru dari desain KODO.

Mazda CX-30 termasuk dalam Mazda Generasi ketujuh. CX-30 dikembangkan untuk menciptakan desain yang baru untuk sebuah compact crossover.

Gaya desain kendaraan itu mengusung bahasa desain baru "Charge and Release". Bahasa desain itu berasal dari garis sapuan kuas yang digunakan dalam kaligrafi Jepang dan dikembangkan untuk mengintegrasikan tiga faktor kunci dari tema desain KODO terbaru.

Ketiganya biasa disebut sebagai Yohaku yakni keindahan ruang kosong, Sori sebagai kurva yang menggambarkan ketenangan dan keseimbangan serta Utsuroi berupa permainan cahaya dan bayangan. Lebih detailnya, Sori ditampilkan dalam garis bahu yang mengalir dari fender depan ke roda belakang, memberikan kesan kecepatan dan kekuatan.

Mazda CX-30 hadir dengan rangkaian lampu utama dan lampu kombinasi dengan memiliki tampilan yang legan dan fungsional, dengan susunan LED yang menghasilkan bentuk silinder yang untuk menunjukkan artisitik dengan memberikan kesan mekanis yang khas.

Sinyal lampu sein LED memiliki pola cahaya baru yang khas, yang dimulai dengan pancaran daya penuh dan kemudian secara bertahap menurun, memberikan kesan kuat bagaikan detak kehidupan.

Baca juga: Mazda CX-30 masuk Indonesia, harganya mulai Rp478 juta

Baca juga: Bagian yang disegarkan pada New Mazda2 "Facelift"
Mazda CX30 yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Selasa (28/01/19) (Antara News/Chairul Rohman)


Mobil yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show tahun lalu ini memiliki desain kabin yang didasarkan oleh filosofi yang berpusat pada manusia, arsitektur tradisional Jepang dengan memanfaatkan penggunaan ruang kosong.

Lapisan sekunder yang memiliki bentuk sayap terpasang di atas dashboard. Mengalir secara horizontal dari bagian atas panel instrumen ke ujung trim pintu di sisi penumpang, menghasilkan atmosfer lapang yang memberi kesan kabin yang luas.

Bagian konsol tengah, lokasi tuas transmisi berada mendapatkan desain baru dengan teknologi "two-layer molding" mirip kepunyaan Mazda3.

Pancaran sinar pada panel berwarna smoke-gray menampilkan pola metalik pada lapisan dasar untuk menonjolkan atmosfer CX-30 yang penuh dengan detail dan karakter yang istimewa. Mobil itu juga dilengkapi fitur keselamatan berkendara Mazda CX-30 dengan filosofi Mazda Proactive Safety.

Teknologi i-ACTIVSENSE juga telah dikembangkan yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan di mobil-mobil Mazda.

"Kita yakin dengan keunikan dan kualitas produk kita. Dimana secara desain kita punya KODO, kita punya SKYACTIV, dan fitur lainnya yang membedakan kita dengan SUV lainnya," ungkap Ricky Thio pada saat peluncuran Mazda CX30 di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (28/1).
Mazda CX30 yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Selasa (28/01/19) (Antara News/Chairul Rohman)


Pada Mazda CX-30, salah satu fitur keselamatan yang disematkan antara lain sistem Driver Monitoring. Fitur yang menggunakan kamera dan LED infrared dapat mengobservasi kondisi pengemudi saat berkendara sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan pengemudi.

Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara yang bahaya, sistem ini akan mengeluarkan bunyi peringatan untuk mengingatkan pengemudi dan bekerja bersama Smart Brake Support (SBS) untuk mengantisipasi kebutuhan pengereman yang lebih baik.

Urusan dapur pacunya, mobil ini diasupi mesin bensin SKYACTIV-G 2,0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi sehingga menghasilkan performa dinamis yang lebih baik, efisiensi bahan bakar dan keramahan lingkungan.

Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE. Sehingga mobil ini dapat menghasilkan tenaga 155 hp dengan torsi maksimal 200 Nm. Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE.

Mazda memberikan empat pilihan warna antara lain merah, abu-abu, putih dan hitam. Untuk harga lengkap, Mazda CX-30 Touring Rp478,8 juta, Mazda CX-30 Touring (soul red crystal/machine grey) dibanderol Rp482,8 juta.

Berbeda dengan versi Tourer, Mazda CX-30 GT dibanderol Rp518,8 juta dan Mazda CX-30 GT (soul red crystal/machine grey) Rp522,8 juta. Seluruh harga tersebut sudah on the road Jakarta.

Baca juga: Ini spesifikasi dan harga Mazda CX-5 Facelift

Baca juga: Spesifikasi All New Mazda CX-8

Baca juga: Mazda CX8 akan meluncur dalam waktu dekat

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020