Jakarta (ANTARA) - Setelah bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun ini, mungkin sebagian pemilik kendaraan ingin mengganti mobilnya ke segmen sport utility vehicle (SUV) karena ground clereance yang lebih tinggi.

Mobil berjenis SUV punya beberapa keunggulan dibandingkan mobil biasa. Selain modelnya yang kekinian dan menjadi tren global, SUV memang dirancang lebih gagah dan tangguh untuk meluncur di segala medan jalanan.

Di Indonesia, hampir semua jenama kendaraan memiliki model SUV, namun tidak semua model itu ditawarkan dengan harga ramah, yakni di bawah Rp300 jutaan. Berikut ulasannya:

Si "Kembar" Toyota Rush - Daihatsu Terios

Di awali dari segmen Low SUV, ada duet kembar Toyota Rush-Daihatsu Terios yang menggunakan mesin 1.500cc.

All New Terios ditawarkan dengan rentang harga Rp208 juta hingga Rp263 juta, sedangkan All New Rush dijual dengan harga Rp251,6 juta hingga Rp273 juta.

Baca juga: Auto 2000 siap layani perbaikan ECU airbag Toyota Rush

Baca juga: Toyota naikkan harga Voxy, Rush, Agya, dan Calya


Honda BR-V

Honda BR-V hadir sebagai SUV 7-penumpang yang menawarkan gaya berkendara khas perkotaan. Dengan desain layaknya SUV kekinian, SUV bermesin 1.500cc itu ditawarkan dengan rentang harga Rp249 juta hingga RP291,3 juta.

Honda HR-V

Masih dari "rumah" yang sama dengan BR-V, Honda HR-V hadir dengan nuansa SUV yang lebih kental.

Bermodal mesin 1.500cc i-VTEC, HR-V dijual dengan harga mulai Rp287 juta, namun varian tertingginya mencapai Rp348 juta, sedangkan tipe mesin 1.800cc mencapai Rp415 juta.

Chevrolet Trax

Chevrolet Trax sebenarnya masuk dalam hitungan SUV dengan harga di bawah Rp300 jutaan (harga Rp288 juta), namun sayangnya pabrikan berlogo dasi kupu-kupu asal Amerika Serikat itu menghentikan penjualannya di Indonesia pada tahun ini.

Baca juga: Chevrolet cuci gudang, tawarkan diskon hingga Rp80 juta

Baca juga: Permintaan mobil bekas Chevrolet meningkat


DFSK Glory 580 dan Glory 560

Dongfeng Sokonindo (DFSK) langsung menghadirkan dua model SUV untuk pasar Indonesia. Glory 560 dijual dengan harga Rp246,5 juta untuk dua varian tertinggi, sedangkan Glory 580 dilego dengan rentang Rp252,9 juta hingga Rp315 juta.

Wuling Almaz

Wuling Indonesia menghadirkan Almaz dengan empat pilihan tipe antara lain Smart Enjoy MT dan Smart Enjoy CVT yang berkapasitas 7-penumpang, serta Exclusive yang memiliki pilihan 5-seater dan 7-seater.

Tipe Smart Enjoy MT dengan harga Rp263,8 juta sudah menggunakan perintah suara dan dilengkapi dengan Smart 10.4” Head Unit, electric parking brake, dan berbagai fitur keamanan terkini.

Mobil itu dilengkapi Wuling Indonesian Command (WIND) sebagai fitur yang dikembangkan khusus untuk konsumen nusantara, sehingga bisa mencerna perintah-perintah berbahasa Indonesia, mulai dari membuka jendela, menghidupkan AC, memutar multimedia bahkan untuk menelpon seseorang pada buku kontak ponsel yang terhubung dengan mobil.

Almaz Smart Enjoy memakai fitur keselamatan Airbag, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control (ESC), hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Terdapat enam pilihan warna Almaz yaitu Aurora Silver, Starry Black, Pristine White, Dazzling Silver, Carnelian Red, dan Burgundy Red. Almaz berfitur WIND dijual mulai Rp263,8 juta untuk tipe Smart Enjoy MT hingga Rp338,8 juta untuk varian tertinggi yakni Exclusive 7-seater.

Baca juga: Rivian janji beri harga lebih murah untuk pikap dan SUV barunya

Baca juga: Perkembangan tren SUV yang menular pada Mercedez Benz

Baca juga: Hyundai Genesis luncurkan SUV pertama, pakai mesin diesel 3.000cc
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020