Jakarta (ANTARA) - Sepeda motor bergaya adventure atau petualang cukup digemari masyarakat Indonesia dalam beberapa waktu belakangan, yang membuat beberapa produsen kendaraan roda dua merilis tunggangan yang biasanya dipakai perjalanan jarak jauh itu.

Motor bergaya adventure memang tidak untuk semua orang, melainkan hanya untuk kalangan pehobi, sehingga peluncurannya tidak sebanyak sepeda motor skuter otomatic (skutik) atau motor berjenis naked sport. Berikut sejumlah motor adventure yang meluncur pada 2019:

Baca juga: Deretan sepeda motor bergaya klasik sepanjang 2019

Baca juga: Sedan dan city car baru 2019: Camry, Accord sampai Baleno


Honda CB500X
 
Honda CB500X (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Honda CB500X tampil lebih gagah dengan kesan adventure yang kuat berkat perubahan desain dan suspensi depan dengan travel lebih panjang.

Aplikasi roda depan berukuran 19 inchi yang menghasilkan ground clearance lebih tinggi sehingga lebih mumpuni untuk menjelajah lebih jauh.

Kenyamanan pengendara juga ditingkatkan dengan tapered handlebars untuk feeling yang lebih baik. Rem cakram depan berbentuk wavy dengan ukuran 310mm menggunakan piston caliper ganda sangat pas diaplikasikan.

Piringan rem belakang menggunakan ukuran 240mm dan piston caliper tunggal. Model ini hadir dengan warna Grand Prix Red dan Mat Axis Gray Metallic.

KTM Duke 790 Adventure
 
KTM Duke 790 Advneutre (ANTARA/KTM)


Diluncurkan pada ajang Jakarta Fair pada Juni 2019, KTM Duke 790 Adventure yang "lahir" di Austria itu punya tampilan mirip KTM 790 Adventure, terlebih pada bagian lampu depan.

Menggunakan mesin satu silinder 4-tak, DOHC dengan kapasitas 373,2 cc dan berpendingin cairan, motor itu menghasilkan tenaga 94 dk dengan torsi maksimal mencapai 88 Nm.

Motor itu memiliki bobot bersih 209 kg, kapasitas bensin penuh mencapai 20 liter. Dengan pengisian penuh motor ini dapat menempuh jarak 450km hanya dengan sekali pengisian.

Baca juga: Mobil niaga ringan baru sepanjang 2019

Baca juga: Peluncuran motor sport sepanjang 2019

Kawasaki New Versys 1.000
 
Kawasaki New Versys 1000 (ANTARA/Cycle World)


Kawasaki New Versys 1.000 memang dikenalkan secara global pada 2018, namun masuk ke Indonesia pada GIIAS 2019.

Sebagai kelompok motor tourer tingkatan teratas, Kawasaki New Versys dibekali dengan sistem elektronik yang membuat pengendalian sepeda motor kian halus. Aspek itu sangat berpengaruh untuk motor yang diperuntukkan jarak jauh.

Hadir dalam dua varian warna Pearl Stardust/Metallic Spark Black dan Candy Steel Funrace Orange/Metallic Spark Black, motor itu dilengkapi Kawasaki Traction Control (KTRC), Electronic Cruise Control, Electronic Throttle Valve, Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System (KIBS) dan Kawasaki Cornering Management Function (KCMF).

BMW R1250 GS
 
BMW R1250 GS (ANTARA/Shutterstock)


BMW R1250 GS dikenalkan pada GIIAS 2019. Motor itu hadir dengan konektivitas dengan tampilan premium melalui layar TFT 6,5 inci terhubung ponsel untuk menampilkan navigasi, musik dan pemberitahuan telepon masuk.

Motor itu mengusung mesin boxer khas dari BMW. Kontrol camshaft variabel BMW ShiftCam memastikan kurva torsi yang lebih kuat di seluruh rentang kecepatan, memberikan kontrol yang lebih besar di setiap situasi berkendara.

BMW R1250 GS dilengkapi Hill Start Controll HSC sebagai fitur standar, Lampu LED dan Dynamic Brake Control.

BMW F850GS dan F750 GS
 
BMW F850GS (ANTARA/Shutterstock)


BMW F850GS menunjukkan karakter adventure yang kuat berkat penggunaan ban berukuran 21 inci sehingga mampu melibas jalanan berlumpur. F850GS dilengkapi fitur konektivitas yang membuat Anda terhubung dengan navigasi, telepon, media, dan kendaraan sejenis melalui layar TFT 6,5 inci.

Sedangkan BMW F750 GS yang diluncurkan berbarengan dengan seri adventure BMW lainnya, dibekali mesin dua silinder. Motor itu menghasilkan tenaga 77 namun diklaim tetap hemat bahan bakar karena menggunakan mesin baru.

Posisi duduk pada F750 GS dapat disesuaikan dengan berbagai ketinggian, mulai dari 770 mm hingga 830 mm. BMW F750 GS dilengkapi automatic stability control (ASC) dan sistem pengereman ABS.
 
Moto Guzzi V85TT
 
Moto Guzzi V85TT (ANTARA /Chairul Rohman)


Meluncur pada Juli 2019, PT Piaggio Indonesia memboyong Moto Guzzi V85TT setelah dikenalkan sebelumnya di Thailand.

Nama Moto Guzzi V85TT diambil dari bahasa Italia yang berarti "Tutto Terreno" atau segala medan (all terrain). Motor itu memadukan gaya off road dengan elemen teknologi canggih, namun tetap menganut unsur klasik.

V85TT dilengkapi instrumen digital, pencahayaan LED, dan Daytime Running Lamp (DRL). Motor itu juga dilengkapi kaca pelindung angin (plexiglass windshield), sepasang pelindung tangan (handguard) sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca juga: Aprilia Shiver 900 hadir dengan sejumlah pembaruan

Baca juga: Moto Guzzi V85TT sapa penggemaranya di SAIME 2019


 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019