Jakarta (ANTARA) - Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya memaparkan situasi dan potensi pasar sepeda motor segmen sport dan adventure touring di Indonesia.

Thomas mengatakan, sepeda motor kategori sport memiliki kontribusi atas penjualan sepeda motor di tahun 2021.

"Pada tahun 2021, kondisi pandemi mulai membaik. Secara umum, pasar sepeda motor meningkat lebih dari 30 persen dibandingkan tahun lalu. Recovery-nya hampir 70 persen dibandingkan tahun 2019," kata Thomas dalam jumpa pers di Serpong, Tangerang Selatan, Jumat.

"Pasar sepeda motor sport juga menunjukkan tren positif, menyusul dirilisnya CRF 150R di 2017. Model ini juga mampu menggairahkan pasar sport di masa pandemi," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Honda CRF150L punya warna baru

Baca juga: Honda CRF1100L Africa Twin Adventure dijual mulai Rp559 juta


Adapun pasar sepeda motor Honda di tahun 2021 didominasi dengan penjualan motor dual purpose (38 persen), naked bike (33 persen), family sport (17 persen), dan full fairing (13 persen).

"Harapannya, melalui berbagai karakter dan varian dari produk sport yang kami sediakan ke konsumen, sepeda motor Honda semakin dipercaya menjadi partner berkendara konsumen di Indonesia," kata Thomas.

Lebih lanjut, Thomas mengatakan terdapat tren dan preferensi konsumen di dua kontributor terbesar di motor kategori sport, yaitu dual purpose dan naked bike.

"Konsumen dual purpose banyak melakukan modifikasi dengan ban on-road karena ingin tampil dengan sentuhan off-road namun juga nyaman dalam penggunaan sehari-hari," kata dia.

"Sementara pengguna naked bike lebih ke modifikasi ke gaya adventure untuk tampilan tough namun nyaman untuk berkendara jarak jauh," ujarnya menambahkan.

Bicara soal potensi, Thomas mengatakan preferensi konsumen saat ini adalah bagaimana motor sport dapat tetap memiliki tampilan adventure namun juga nyaman digunakan setiap hari dan tangguh untuk lakukan eksplorasi jarak jauh.

"Kebutuhan tersebut berpeluang untuk dipenuhi melalui sepeda motor sport adventure touring. Namun, kategori sport adventure touring baru tersedia untuk motor berkapasitas mesin besar dan big bike," jelas dia.

PT AHM sendiri pada hari ini meluncurkan motor kategori tersebut yaitu New CB150X yang dibanderol dengan kisaran Rp32-35 juta.

"Akhir tahun ini konsumen secara bertahap bisa mendapatkan dan memiliki motor ini. Harga pastinya akan diberikan di bulan depan," kata Thomas.

"Sementara untuk target penjualan, adalah 20 ribu unit per tahun atau sekitar 2 ribu unit per bulannya," imbuhnya.

Baca juga: Honda rilis "adventure touring" New CB150X, harga mulai Rp32 juta

Baca juga: Honda ADV 150 jadi motor resmi IATC dan WSBK

Baca juga: AHM siapkan "world premiere" motor sport di GIIAS
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021