Jakarta (ANTARA News) - BMW Motorrad meluncurkan sepeda motor bertualang baru, R 1200 GS xDrive Hybrid, yang menjadi sepeda motor pertama yang dilengkapi fitur penggerak seluruh roda dengan teknologi hybrid.

Sepeda motor yang dikembangkan dari R 1200 GS Adventure tersebut diperkuat mesin ganda berpendingin udara maupun cair yang mampu menghasilkan tenaga maksimum setara 125 tenaga kuda (hp) pada tingkat putaran mesin 7.750 rpm dan torsi puncak 125 Nm pada 6.500 rpm.

Fitur penggerak seluruh roda yang disematkan kepada R 1200 GS xDrive Hybrid menghasilkan cengkeraman yang lebih kuat bagi pengendara baik itu di atas permukaan jalan yang licin, berpasir maupun berlumpur, demikian keterangan pers yang dirilis BMW Motorrad.

Fitur yang dihasilkan dari sistem pengembangan BMW Automobiles tersebut dapat diaktifkan pengendara secara manual lewat tuas 2WD yang terletak di stang kemudi sebelah kiri, yang akan mengaktivasi sistem e-Drive dengan manfaat sebagai penggerak listrik maupun generator, yang menghasilkan tenaga tambahan 33 kW atau setara 45 hp, membuat total tenaga maksimum sepeda motor menjadi 170 hp.

Sepeda motor tersebut telah diuji dalam berbagai kondisi, termasuk yang paling esktrem ke North Cape, Norwegia dan menyeberang Laut Barents menuju Kutub Utara pulang pergi.

"Kami sangat terkesima sepeda motor ini nirmasalah dan begitu bisa diandalkan, serta sistem penggerak seluruh rodanya bekerja bahkan di suhu minus 56 derajat," kata kepala tim uji musim dingin BMW Motorrad, Reiner Scherbeck.

"Ini untuk kali pertama kami menawarkan sepeda motor yang bisa dikendarai dengan nyaman melintasi medan salju setinggi 1,25 meter," ujarnya menambahkan.

Pihak BMW Motorrad menyatakan R 1200 GS xDrive Hybrid akan segera dipamerkan di sejumlah lokasi dalam waktu dekat, dan unitnya sudah bisa dimiliki pelanggan pada semester II 2017, meski harga resminya masih belum dirilis.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017