Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik memang melaju dengan hening, tapi Volkswagen punya cara sendiri untuk membuat hatchback VW ID.3 tetap punya suara meraung layaknya mobil bermesin bensin.

VW baru-baru ini mengenalkan suara mesin tiruan atau buatan untuk mobil listrik ID.3, dalam satu acara di Future Sound di Berlin Jerman.

Langkah VW membuat artificial sound untuk mobil listriknya ini didasari pada alasan yang sangat masuk akal. Mobil listrik yang hening, bahkan nyaris tak bersuara pada kecepatan rendah telah meningkatkan risiko kecelakaan.

Menggunakan Sistem Peringatan Kendaraan Akustik (AVAS), ID.3 bisa mengeluarkan suara layaknya mobil bermesin bensin pada kecepatan 30 km/jam dan akan semakin keras ketika mobil melaju dalam kecepatan yang lebih tinggi.

AVAS di ID.3 terdengar di bagian dalam dan luar kendaraan Di dalam kendaraan, berbagai tahap suara selalu terdengar berdasarkan kecepatan dan posisi pedal akselerator, kata VW dalam pernyataan resminya, dikutip Senin.

Dalam membuat suara mesin tiruan ini, VW bukan sekadar bikin. Pabrikan mobil Jerman ini bahkan berkolaborasi dengan komposer dan produser musik ternama Leslie Mandoki.

"Suara kendaraan listrik menentukan identitasnya. Suara harus percaya diri dan menyenangkan. Ini mungkin terdengar futuristik dan juga harus mengesankan dengan karakternya yang unik," kata Kepala Pengembangan Mobil Penumpang Volkswagen, Frank Welsch.


Baca juga: RI-Jepang perkuat kerja sama kembangkan kendaraan listrik

Baca juga: Grab perkenalkan layanan kendaraan listrik, bagaimana cara pesannya?

Baca juga: Kunjungi VW, Luhut ajak produksi mobil listrik di Indonesia

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019