Jakarta (ANTARA) - Pemilik Tesla, BMW, Tata Motors dan beberapa bos perusahaan mobil China, India, maupun Korea Selatan masuk dalam 20 daftar orang terkaya di industri otomotif.

Dilansir Bloomberg, Sabtu (12/10), para pengusaha otomotif itu memiliki kekayaan yang meningkat 24 persen ketimbang tahun lalu dengan estimasi sebanyak 1,4 triliun dolar Amerika Serikat (AS).

Dua taipan AS pemilik Tesla, Elon Musk dan Larry Ellison, punya dana masing-masing 23,1 miliar dolar AS dan 58,5 miliar dolar AS. Pallonji Mistry pemilik Tata Motors dan Li Shu Fu yang memimpin Geely serta Volvo juga masuk dalam jajarang bos otomotif terkaya.

Metode menghitung kekayaan mereka berdasarkan akumulasi aset dan dividen, sehingga hanya aset bersih saja yang dicantumkan, bukan kekayaan keluarga atau aset lain yang diatasnamakan kepada kerabat. Berikut daftar kekayaan yang ditaksir hingga 9 Oktober 2019:

1. Bill Gates
Perusahaan: AutoNation Inc (diler mobil)
Nilai saham: 914.554.258 dolar AS
Total Kekayaan: 105 miliar dolar AS

Bill Gates mungkin bukan orang pertama yang anda perkirakan untuk duduk di puncak orang terkaya di industri otomotif. Namun perusahaan diler AutoNation berkontribusi besar dalam pundi-pundi uang yang ia kumpulkan, meski sebagian besar tetap datang dari Microsoft dan Cascade Investment.

2. Larry Ellison
Perusahaan: Tesla Inc.
Nilai Saham: 730.773.000 hingga 1 miliar dolar AS
Total Kekayaan: 58,5 miliar dolar AS

Selain dari Tesla, Ellison mengumpulkan uangnya dari perusahaan database Oracle. Pria berusia 75 tahun itu juga menaungi acara tenis dan real estate Indian Wells.

Baca juga: Perbandingan gaji Carlos Ghosn dengan bos otomotif dunia
 
Bill Gates, pendiri Microsoft sekaligus pemilik perusahaan diler mobil AutoNation. (Panoramic/Sandrine THESILLAT)
 
Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019