Jakarta (ANTARA) - Melakukan perjalan jarak jauh alias touring bersama dengan kawan-kawan memang menyenangkan, terlebih jika menggunakan kendaraan roda dua. Namun, sebelum melakukan perjalan jarak jauh ada baiknya safety riding juga dipersiapkan dengan matang.

"Hal yang paling utama yang harus dipersiapkan ialah perlengkapan keselamatan berkendara, seperti helm full face, sarung tangan, sepatu boots dan jaket tebal ini yang paling penting," ungkap Ketua KTM Owners Community Indonesia (KOCI), Alfriandi bebrapa waktu lalu di Garut, Jawa Barat.

Menurutnya, persiapan yang matang ini dilakukan karena jarak yang ditempuh lebih berat dan jarak yang cukup jauh dibanding riding yang hanya dilakukan dalam kota.

"Melakukan aktivitas touring jarak jauh itu berbeda dengan perjalan singkat (dalam kota), perlengkapan juga harus matang, apalagi roda dua yang kita ketahui itu direct impact kalau misal terjadi kecelakaan, tentu safety menjadi yang hal yang paling utama kita sarankan," kata Alfriandi yang akrab disapa Alf itu.

Lebih lanjut Alf juga menambahkan, persiapan touring jarak jauh lainnya yang juga sangat penting ialah menyiapkan kondisi tubuh dalam kondisi prima. Dalam persiapan touring biasanya banyak para member yang abai akan kondisi kesehatan atau justru kurang beristirahat malam sebelum berangkat.

"Hal lain yang juga penting yang harus dipersiapkan adalah istirahat. Istirahat sangat penting agar memastikan tubuh berada pada kondisi prima dan siap untuk melakukan perjalanan jarak jauh," lanjutnya.

Hal lain juga yang harus diperhatikan ialah memahami jalur yang akan dilalui. dengan banyaknya jalur yang curam dan juga berbelok harus membutuhkan pengendalian yang khusus agar kendaraan tetap pada jalurnya.

"Perhatikan kondisi jalan yang curam dan berbelok usahakan jangan sampai hilang konsentrasi. Jangan ambil cornering yang terlalu jauh dan jangan terlalu nafsu di posisi tersebut karena kita juga harus memperhatikan kendaraan yang berasal dari lawan arah," kata dia.


Baca juga: Darius-Donna bagi pengalaman "touring" di Himalaya lewat serial vlog

Baca juga: Alasan Jokowi touring pakai Chooperland ke Sukabumi

Baca juga: Hamish Daud ikut touring Suzuki Bandit di Bali

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019