Cirebon (ANTARA) - Liburan menggunakan mobil atau road trip kini menjadi gaya hidup sebagian masyarakat perkotaan untuk rekreasi bersama keluarga atau sahabat, guna melepas penat sejenak dari segala macam kesibukan pekerjaan.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), produsen mobil keluarga All New Ertiga, seakan menjawab permintaan masyarakat urban itu dengan gelaran "All New Ertiga Tripventure".

Road trip bersama rombongan jurnalis dari Jakarta, dengan rute Cikarang menuju Cirebon, pada Rabu (28/8), itu bukan sekadar jalan-jalan semata. Perjalanan itu sekaligus membuktikan kenyamanan dan efektivitas Suzuki Ertiga sebagai kendaraan yang bisa mengakomodir perjalanan bermobil, baik jarak dekat maupun jauh, bahkan untuk perjalanan yang bersifat mendadak sekalipun.

"Sekarang ini dengan infrastruktur jalan yang rampung, kecenderungan orang untuk road trip makin naik. Salah satu moda transportasi untuk itu adalah mobil pribadi," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (28/8).

Perjalanan All New Ertiga Tripventure dimulai dari Pabrik Suzuki Cikarang. Sebelum berangkat, rombongan jurnalis berkeliling pabrik dan mengikuti workshop eco driving.

Baca juga: Suzuki XL6 pakai platform Ertiga?

Pada workshop tersebut, Suzuki berbagi tips dan trik tentang cara berkendara yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

Donny mengatakan road trip akan semakin nyaman apabila pengguna mobil menerapkan gaya berkendara eco driving, yakni hemat bahan bakar, sehingga ia meminta para jurnalis untuk membuktikan efisiensi Ertiga.

"Kami berharap Suzuki bersama rekan-rekan jurnalis dapat mengedukasi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar tidak terbarukan serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, terutama untuk mobil-mobil yang sudah dimiliki oleh konsumen," ujar Donny.

Untuk melakukan efisiensi bahan bakar, pengendara perlu melakukan beberapa hal seperti menjaga kecepatan agar tetap konstan dan mengurangi akselerasi dan deselerasi, menggunakan Air Conditioner (AC) secara tepat, memerhatikan tekanan udara pada ban, memanaskan mesin dengan tepat, tidak membiarkan mesin menyala pada kondisi diam (idle) dalam waktu yang lama, serta tidak membawa beban yang melebihi daya angkut kendaraan.

Baca juga: Suzuki optimis kuasai 11 persen pasar Cirebon melalui Ertiga
 
Penghitungan bahan bakar All New Ertiga Tripventure dari Cikarang menuju Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/8). (ANTARA News/Alviansyah P)


Pada pukul 09.00 WIB, acara dilanjutkan dengan pelepasan peserta road trip menuju Cirebon dengan mengendarai delapan unit All New Ertiga. Delapan mobil itu terdiri dari empat unit All New Ertiga bertransmisi manual dan empat unit All New Ertiga bertransmisi otomatis.

Berbagai kondisi lalu-lintas dihadapi peserta, mulai dari kemacetan di tol Cikampek, hingga jalanan mulus bebas hambatan di ruas tol Palimanan–Kanci.

Kendati demikian, peserta harus mengendalikan nafsu untuk memacu kendaraannya dengan cepat karena misi dari perjalanan ini adalah road trip dengan metode eco driving. Setidaknya, perjalanan itu tidak mengurangi kenyamanan karena pendingin udara (AC) tetap dinyalakan.

Pada pukul 12.30 WIB, rombongan tiba di Marina Seafood Restaurant, Cirebon setelah menempuh jarak perjalanan sejauh 172 km.

Usai menyantap hidangan laut khas Cirebon, perjalanan berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon yang menjadi lokasi pengambilan foto untuk Ertiga.

Baca juga: Tanggapan pabrikan otomotif terkait aturan mobil listrik

Setelah menempuh perjalanan dari Cikarang hingga Keraton Kasepuhan sejauh 184 km, mobil-mobil peserta mendapatkan konsumsi bahan bakar terbaik yakni 29,67 kilometer/liter untuk Ertiga bertransmisi otomatis, dan 33,45 kilometer/liter untuk tipe manual.

Penilaian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin yang digunakan dari posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali. Jumlah liter yang di-isi itu menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh.

Sebelum mengakhiri perjalanan, peserta berkesempatan berkunjung ke Kampung Batik Trusmi, pusat industri batik Cirebon, kemudian peserta kembali ke Jakarta.

Melalui road trip ke Cirebon itu, Suzuki mencoba buktikan perjalanan bermobil tidak membutuhkan liburan panjang. Cukup bawa kendaraan Anda dan ajak keluarga untuk berperjalanan ke berbagai destinasi wisata.

Baca juga: Ertiga Sport dorong penjualan suku cadang dan aksesoris Suzuki
 
Model bersama All New Ertiga pada kegiatan Tripventure dari Cikarang menuju Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/8). (ANTARA News/Alviansyah P)

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019