San Francisco, Amerika Serikat (ANTARA News) - Google, Kamis waktu setempat, mengatakan bahwa mobil prototipe swakemudianya telah menjajal jalan-jalan di kota Lembah Silikon, Mountain View, di mana perusahaan ini bermarkas besar.

Langkah itu ditempuh setelah uji internal Google untuk kendaraan berbentuk gelembung itu sekitar tahun lalu dan memiliki lebih pengalaman ekstensif dalam soal teknologi yang diadaptasikan untuk mobil-mobil yang sudah ada.

"Kami ingin memahami arti sesungguhnya dari kendaraan swakemudi di dunia, baik mengenai bagaimana orang dalam komunitas mempersepsikan maupun berinteraksi dengan mobil-mobil ini, dan apa realitas praktis bagi kami saatmengoperasikan dan merawatnya," kata Google.

Mobil prototipe ini dibuat aman tanpa pengemudi manusia untuk bergabung dengan armada mobil Lexus milik Google dan produk gadget lainnya untuk secara otonom menaklukkan jalanan.

Prototipe ini akan memiliki "pengemudi aman" yang akan menggantikan kendali manual jika diperlukan, kata Google.

"Kami punya 20-an mobil Lexus yang berkeliaran di jalan-jalan kota Mountain View selama beberapa tahun terakhir, namun kedatangan prototipe mobil swakemudi kami yang baru ini menandai awal dari fase baru proyek kami," kata Google lagi.

Mobil Google menggunakan teknologi yang sama yang dipakai armada SUV Lexus-nya yang sudah menempuh 1,6 juta km.

Di markas besarnya di Mountain View, kecepatan mobil ini dibatasi sampai maksimal 40 km per jam dan selama fase berikutnya proyek "kami akan memiliki pengemudi aman dengan setir yang dapat dilepas, pedal akselarator, dan pedal rem yang membuat 'pengemudi aman' bisa mengambil alih kemudi jika diperlukan," kata kepala proyek ini.

Google mengagung-agungkan catatan keamanan mobil swakemudi ini dengan mengatakan tidak ada satu pun kerusakan dari beberapa kecelakaan yang pernah menimpa mobil ini.

Kebanyakan tabrakan yang melibatkan mobil-mobil swakemudi menimpa bagian belakang mobil yang dikendari manusia, kata Google seperti dikutip AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015