Jakarta (ANTARA) - Fiat Chrysler Automobiles N.V. (FCA) mengumumkan akan menggunakan teknologi HARMAN (Samsung) dan Google untuk menghadirkan ekosistem baru yakni kendaraan terhubung (connected car) guna menyongsong era konektivitas 5G mendatang, di mana kendaraan terintegrasi dengan penyedia layanan di seluruh dunia.

Komponen utama sistem itu akan diluncurkan secara global pada paruh waktu kedua 2019, dan Fiat menargetkan seluruh kendaraannya sudah menggunakan ekosistem itu pada 2022.

Sistem akan secara cepat dan aman mengelola data di dalam kendaraan, ditambah arsitektur berbasis cloud dari HARMAN Ignite, kata FCA dalam pernyataan resminya, dikutip Rabu.

Sistem ini akan memberikan pengalaman pengguna yang ditingkatkan yang akan membantu pemilik memperkirakan kebutuhan perawatan, menemukan stasiun pengisian bahan bakar dan pengisi daya listrik, info lalu lintas, restoran, dan bantuan layanan pelanggan dengan hanya menekan satu tombol.

Kendaraan juga dapat menerima pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA), memastikan pemilik mendapat manfaat dari kemampuan baru dan aplikasi perangkat lunak terbaru.

Platform global akan menawarkan kepada pemilik konektivitas jaringan 4G dan mendukung evolusi hingga 5G, dihomologikan untuk semua wilayah dan akan berintegrasi dengan penyedia layanan di seluruh dunia.

Sistem off-board juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan infrastruktur kota pintar di masa depan, serta perangkat rumah tangga melalui platform "Hal Cerdas" Samsung.

Selain pemilik kendaraan, dealer, operator armada, dan penyedia layanan juga akan mendapat manfaat dari fitur-fitur yang disampaikan melalui konektivitas berbasis cloud yang baru.

Secara on-board pada kendaraan, sistem ini akan dijalankan dengan OS Android, menawarkan lingkungan berbasis aplikasi yang kuat, termasuk penyediaan konten, interaksi cepat dan integrasi nirkabel tanpa batas dengan perangkat seluler pelanggan.

Sistem ini diklaim aman dengan menawarkan inovasi berkelanjutan kepada pemilik dan akan menampilkan pembaruan melalui jaringan seluler bawaan, yang memungkinkan kemampuan baru dalam inisiatif mengemudi secara otonom, elektrifikasi, dan layanan terhubung.

Ekosistem yang terhubung ini akan menyediakan lingkungan teknis yang optimal untuk kendaraan listrik FCA, dengan aplikasi seperti manajemen baterai jarak jauh, navigator perjalanan EV yang cerdas, dan layanan kendaraan-ke-jaringan.

Ini juga akan mendukung portofolio Layanan Mobilitas FCA, termasuk fitur seperti opsi bayar per mil, asuransi kendaraan berbasis penggunaan, penyewaan kendaraan jangka pendek, menengah dan panjang dan solusi berbagi mobil peer-to-peer, seperti sistem U-Go, yang baru-baru ini diluncurkan oleh Leasys di Eropa.

Baca juga: Fiat Chrysler laporkan penurunan penjualan April di Amerika Utara

Baca juga: Fiat Chrysler targetkan 10.000 unit laku di pasar Korea Selatan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019