New York (ANTARA News) - Ford Motor mengeluarkan dua penarikan kendaraan pada Senin, satu untuk memperbaiki risiko korosi yang dapat mempengaruhi kemudi (stir) dan lainnya untuk menggantikan rangka sandaran tempat duduk yang tidak memenuhi standar keselamatan.

Ford mengatakan pihaknya sedang menarik kembali sekitar 385.750 kendaran SUV (sport-utility vehicle) Ford Escape model 2001-2004 untuk mengatasi masalah potensi korosi subframe yang dapat menyebabkan unit kontrol lebih rendah untuk terpisah sehingga mengurangi kontrol kemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan, lapor AFP.

Produsen mobil nomor dua AS itu mengatakan pihaknya menyadari satu kecelakaan mungkin terkait dengan masalah ini, tetapi diketahui tidak ada cedera.

Para dealer akan menginstal penguatan "crossbrace" untuk mencegah pemisahan.

Kendaraan yang terkena dampak termasuk beberapa yang awalnya dijual atau saat ini tercatat di negara-negara bagian atau provinsi dengan tingkat korosi tinggi, di mana garam jalan digunakan secara ekstensif untuk melawan kondisi dingin. Sebagian besar penarikan mempengaruhi sekitar 48.950 SUV Ford Escape di Amerika Serikat dan sekitar 37.000 di Kanada.

Penarikan kedua mempengaruhi sekitar 48.950 kendaraan Ford Fusion, Lincoln MKZ, Ford Escape dan C-MAX dalam model 2013-2014.

Ford mengatakan bahwa beberapa rangka sandaran kursi mungkin telah diproduksi dengan pengelasan sub-standar, berpotensi meningkatkan risiko cedera dalam tabrakan tertentu.

Tidak ada kecelakaan atau cedera telah dikaitkan dengan masalah ini, kata Ford.

Dealer akan mengganti kerangka sandaran kursi dan bagian terkait di kendaraan. Sebagian besar dari mereka -- 42.972 unit -- berada di Amerika Serikat.


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014