Jakarta (ANTARA) - BMW pada Rabu (5/6) mengumumkan akan berkolaborasi dengan Jaguar Land Rover dalam pengembangan komponen motor listrik dan transmisi elektronik guna menekan biaya riset dan produksi mobil listrik.

"Bersama-sama, kami berkesempatan untuk melayani lebih efektif untuk kebutuhan pelanggan dengan mempersingkat waktu pengembangan serta membawa kendaraan berteknologi canggih ke pasar secara lebih cepat," ujar anggota dewan BMW, Klaus Froehlich, dilansir Reuters.

BMW dan Jaguar Land Rover mengatakan, jika rencana itu berjalan lancar maka terdapat beberapa bidang yang akan dihemat, meliputi pengembangan, perencanaan produksi, dan pembelian komponen, karena seluruhnya dikerjakan bersama-sama.

Kedua perusahaan juga akan memproduksi kereta penggerak listrik di fasilitas manufaktur mereka masing-masing, kata BMW.

Direktur teknik Jaguar Land Rover, Nick Rogers, mengatakan bahwa kolaborasi tersebut sejalan dengan upaya pabrikan asal Inggris itu untuk menciptakan produk yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Kami telah membuktikan bahwa kami dapat menciptakan mobil listrik yang dipandang dunia, tetapi kami juga perlu meningkatkan teknologi guna mendukung produk Jaguar Land Rover generasi berikutnya," ucap Rogers.


Baca juga: BMW dan JLR akan berkolaborasi penggerak listrik mendatang

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019