Jakarta (ANTARA) - Nissan Motor Indonesia sejak setahun lalu memiliki amunisi baru untuk bersaing di segmen sport utility vehicle (SUV) berbodi bongsor atau Big SUV, melalui model Nissan Terra.

Antara, beberapa waktu lalu sempat "berkencan" guna menjajal pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport selama beberapa hari dengan menjelajah lalulintas Jakarta yang padat, namun tetap bisa mencicipi tenaga dan akselerasinya di lokasi-lokasi tertentu.


 
Nissan Terra (ANTARA News/Chairul R)


Dimensi dan tampilan

Keunggulan pertama Terra dapat dilihat pada dimensi panjang 4.895 mm x lebar 1.865 mm x tinggi 1.835 mm, yang lebih panjang dan lebar dari Fortuner VRZ (4.795 mm x 1.855 mm x 1.835 mm) dan Pajero Sport (4.785 mm x 1.815 mm x 1.800-1.805 mm).

Soal desain memang relatif, ada yang bilang kekar, ada yang menyebut biasa saja. Namun secara umum, kami memandang tampilan Terra cukup atraktif saat dilihat dari depan dan samping.

Kendati demikian, model fascia depan dengan tampilan V-motion ciri khas Nissan membuat Terra agak menyerupai Navara. Hal itu wajar karena Terra -- sebagai revolusi Terrano -- dibangun di atas platform Navara.

Garis-garis otot pada bagian samping juga menambah kesan kekar Terra, namun bagian belakangnya tidak terlalu atraktif kendati terlihat kekinian dengan LED stoplamp.

Interior dan Fitur
 

Nissan Terra VL 4x2 (ANTARA News/Chairul Rohman)


Anda seolah diajak berpetualang saat duduk di kursi berbalut kulit, di balik kemudi Nissan Terra. Kendati tampilan dashboard mirip Navara, namun terdapat sejumlah fitur cerdas yang membantu Anda menjelajah.

Rear View Mirror merupakan salah satu keunggulan Terra di kelasnya. Fitur itu memudahkan pengemudi melihat kondisi di belakang tanpa terhalang sesuatu di dalam kabin dengan penggunaan kamera.

Rear View Mirror juga dapat menampilkan kondisi mobil dari atas berkat kamera 360, serta posisi kanan dan kiri mobil, sehingga memudahkan saat melintasi jalanan sempit atau padat.

Fitur itu juga memudahkan Terra mencari celah sempit, misalnya saat melintasi lalulintas menuju pasar Tanah Abang yang begitu padat.

Ada juga fitur blind spot warning (peringatan titik buta) dan lane departure warning (peringatan pindah jalur) yang memberikan simbol suara untuk mengingatkan pengemudi.

Layar MID tidak hanya memberikan informasi seputar rata-rata kecepatan atau konsumsi bahan bakar, namun ada juga info tekanan ban, aktivasi berbagai fitur cerdas hingga berbagai peringatan lainnya.

Nissan Terra memakai head unit berlabel Kenwood, yang sudah cukup oke untuk mengeluarkan nada-nada optimal ke telinga pendengar di dalam mobil. Pecinta audio dapat mengeksplorasi kemampuan head unit itu, atau menambah subwoofer untuk menambah kepuasan telinga.

Ada juga monitor roof di atap baris kedua sehingga hiburan bisa dinikmati sampai penumpang baris ketiga.
 
Rear View Mirror Nissan Terra (ANTARA News/Alviansyah)


SUV berbasis ladder frame atau sasis tangga itu juga memberikan kenyamanan saat berkendara. Suspensinya mampu meredam guncangan secara optimal, tidak limbung saat dipacu berkecepatan tinggi, cukup kedap suara meski bermesin diesel dan minim getaran.

Akomodasi penumpang dipermudah dengan adanya dua tombol di bangku pertama guna melipat kursi bangku baris kedua, memudahkan penumpang masuk ke baris ketiga. Namun head room

Kelegaan kabin juga dapat disiasati dengan fitur kursi yang bisa maju dan mundur di baris kedua, namun headroom baris kedua dan ketiga agak terbatas terutama untuk penumpang dengan tinggi di atas 172cm.

Sedangkan bagasi di bagian belakang sudah cukup dengan ukuran rata-rata SUV berukuran bongsor.

Performa
 
Nissan Terra VL 4x2 (ANTARA News/Chairul Rohman)


Kendati lebih bongsor, namun jangan ragukan performa Terra. Berbekal mesin YD25DDTi 2.500cc, 4 silinder DOHC, turbocarger (VGS), model yang berbagi platform dengan Navara itu dapat menyemburkan tenaga 190 ps pada 3.600 rpm.

Berdasarkan angka itu, Nissan Terra lebih unggul dari Fortuner 163ps/3.400 rpm, Pajero Sport 181ps/3500 rpm, dan Trailblazer 180 ps/3.600rpm.

Tenaga kuat langsung menyembur saat putaran mesin menginjak 2.000rpm, ditambah transmisi otomatis 7-percepatan yang membuat manuvernya semakin lincah. Tertarik menjajal Nissan Terra?

Sayangnya, Nissan Terra belum dilengkapi paddle-shift seperti beberapa kompetitornya.

Soal harga, Nissan Terra dengan rentang Rp467 juta - Rp665 juta akan beradu dengan Pajero Sport Rp481,5 juta - Rp692 juta, Fortuner Rp474,05 juta - Rp666,1 juta dan Trailblazer Rp438,5 juta – Rp 480,5 juta.

Harga Nissan Terra Mei 2019 (OTR Jabodetabek)

Terra VL 2.5L AT (4x4) -- Rp665 juta
Terra VL 2.5L AT (4x2) -- Rp524 juta
Terra E 2.5L AT (4x2) -- Rp493 juta
Terra 2.5L MT (4x2) --- Rp467 juta

Video:

 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019