Jakarta (ANTARA) - Pergeseran perilaku konsumen yang mencari produk otomotif tidak selalu melalui showroom melainkan lewat platform digital, membuat PT Serasi Autoraya (SERA) selaku anak perusahaan PT Astra International, melakukan transformasi bisnis dengan meluncurkan tiga produk digital terbaru yaitu mobil88 e-store, TRAC To Go, dan IBID Live Auction.

Kehadiran aplikasi dan pembaruan website itu diharapkan dapat memudahkan transaksi jual beli mobil bekas, sewa, dan lelang kendaraan, sehingga membantu mobilitas pelanggan terutama menjelang momen Lebaran dan libur anak sekolah yang tinggal beberapa pekan lagi.

"Inovasi yang dilakukan SERA Group adalah bentuk respons atas tren konsumen yang sekarang lebih mengutamakan akses informasi dan transaksi secara online menggunakan smartphone," kata Presiden Direktur SERA, Firman Yosafat Siregar di Jakarta, Kamis malam.

Salah satu unit bisnis SERA, Mobil88 yang bergerak di bidang penjualan mobil bekas, mulai menerapkan aplikasi digital sehingga pembeli mobil bisa melihat kondisi kendaraan hanya melalui telepon genggam.

Jika sebelumnya pelanggan harus datang ke showroom, maka melalui website dan aplikasi itu, pelanggan bisa langsung melakukan transaksi secara online. Layanan test drive, melihat kondisi kendaraan secara utuh dari luar dan dalam menggunakan kamera 360 juga tersedia dalam aplikasi itu.

Ada juga fitur kalkulator kelayakan kredit untuk menghitung simulasi angsuran dan mengetahui kelayakan pengajuan kredit, fitur banding mobil, hingga tampilan foto mobil secara komprehensif mulai dari eksterior sampai mesin.

Sewa dan lelang kendaraan

Bisnis rental kendaraan kian berkembang dalam beberapa tahun terakhir, terutama penyewaan melalui aplikasi, baik untuk keperluan pribadi hingga bisnis.

Untuk menjawab kebutuhan itu, TRAC To Go hadir sebagai aplikasi yang menawarkan sewa kendaraan, dari mobil keluarga kecil, mobil ukuran menengah hingga bus. Layanan ini juga menawarkan opsi dengan jasa supir atau mengemudi sendiri.

Pelanggan dapat menikmati sewa mobil dan penjemputan dari bandara dengan pemesanan yang dapat dilakukan 12 jam sebelum waktu penjemputan di berbagai lokasi di Indonesia dengan berbagai pilihan dan tipe mobil. Layanan sewa bus juga tersedia dari bus kecil 13 kursi sampai bus besar 59 kursi.

Lain halnya dengan aplikasi IBID Live Auction yang menawarkan pembaruan sistem lelang, memungkinkan peserta berpartisipasi pada sebuah lelang secara online dan real time, tanpa harus hadir di lokasi.

Fitur-fitur pada website dan aplikasi IBID antara lain, beli Nomor Peserta Lelang (NPL) online, real time notification/tracking transaction process, membandingkan beberapa mobil sekaligus, dan melihat tampilan foto 360 untuk bagian interior mobil.

Fitur ini juga memberikan batasan harga, sehingga peserta bisa mengikuti lelang sesuai dana yang dimiliki.

"Kami berharap aplikasi dan tampilan baru website kami bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan transportasi serta pembelian kendaraan seken dengan lebih nyaman, mudah, cepat, dan aman," ujar Firman Yosafat.

Melalui IBID-Balai Lelang Serasi, pelanggan dapat menikmati layanan lelang dengan frekuensi lebih dari 50 kali per bulan, jaringan lelang di lebih dari 30 kota dengan tiga pilihan opsi lelang (onsite, online, live auction), serta jaminan keamanan dari proses lelang yang transparan.

Baca juga: Waspadai rekayasa odometer mobil bekas

Baca juga: Jangan mudah tergiur kendaraan bekas murah

 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019