Jakarta (ANTARA) - PT Astra Digital Internasional, yang menyediakan empat layanan otomotif berbasis teknologi yaitu Seva.id, CariParkir, Sejalan, dan Movic menyusul program intergrasi bisnis dan tren ekonomi digital.

"Kami ingin menyapa masyarakat Indonesia dengan beragam inovasi dan produk sekaligus persiapan pada era digital," kata Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Empat layanan itu, lanjut Djap Tet Fa, akan saling terintergrasi dalam bisnis otomotif Astra, mulai dari penjualan, layanan purna-jual, hingga penyewaan mobil.

Astra Digital juga menggarap sektor lain yang menjadi kebutuhan masyarakat kota, yakni pemesanan parkir kendaraan.

Layanan berbasis teknologi Astra Digital itu bertujuan merebut calon konsumen dari segmen generasi muda. Layanan dalam jaringan (online) itu akan membantu bisnis-bisnis lain Grup Astra karena pemesanan, negosiasi hingga pembelian akan diselesaikan oleh unit bisnis terkait.

"Selain solusi yang tepat, pelibatan konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk menjangkau dan mempererat hubungan kami dengan konsumen, khususnya dengan generasi milenial," ujar Djap Tet Fa.

Seva.id

Astra Digital menggarap situs pasar pasar digital (marketplace) otomotif melalui Seva.id yang memungkinkan konsumen mendapatkan layanan simulasi kredit, pemesanan kendaraan, dan pemeliharaan kendaraan melalui pemesanan servis purna-jual dan suku cadang.

Seva.id juga menawarkan pengalaman membeli mobil yang lebih terpercaya dengan informasi yang lengkap dalam satu aplikasi. Layanan itu menawarkan promo menarik seperti mobil baru stok lama dalam "Stock Clearance", pengiriman satu hari, dan mobil bekas berkualitas dalam "Pilihan Expert".

Cari Parkir

Layanan kedua Astra Digital adalah CariParkir. Melalui aplikasi itu, pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua tidak perlu kesulitan mencari lahan parkir karena bisa dipesan melalui aplikasi ponsel.

CariParkir sudah bekerja sama dengan ratusan mitra parkir yang tersebar di area Jabodetabek dan Surabaya, terutama kawasan yang terletak di sekitar stasiun, pintu tol, terminal, pusat perbelanjaan, dan gedung perkantoran.

Ada juga layanan CariServis untuk servis kendaraan selama pengguna memarkir kendaraan mereka.

Baca juga: Astra dirikan perusahaan tekfin AWDA

Sejalan

Sejalan menjadi layanan ketiga yang disediakan Astra Digital. Aplikasi berbasis kendaraan bersama (ride sharing) itu memungkinkan para penggunanya yang disebut Teman Sejalan untuk bertemu dengan pengemudi kendaraan, disebut Kapten Sejalan, yang memiliki rute perjalanan searah.

Dengan menggunakan aplikasi Sejalan, Kapten dan Teman Sejalan dapat menambah relasi baru sekaligus menghemat biaya perjalanan. Selain itu, Sejalan juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di kota-kota besar Indonesia.

Sejalan juga menyediakan fitur sebagai pencarian akses perjalanan (travel aggregator). Perusahaan travel yang ada di DKI jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sudah ikut bergabung. Fitur ini memungkinkan untuk pembelian tiket travel online.

Movic

Sementara, aplikasi Movic menghubungkan pemilik kendaraan dengan pelanggan yang ingin menyewa kendaraan. Pelanggan pun dapat mencari kendaraan yang disewakan berdasarkan kota, jenis kendaraan, dengan supir/tanpa supir, atau penyedia kendaraan.

Ribuan pemilik kendaraan sudah terdaftar dalam aplikasi Movic yang menawarkan beragam kendaraan di 36 kota di Indonesia. Movic juga memiliki beragam fitur yang memudahkan konsumen mencari kendaraan yang tepat untuk perjalanan mereka.

Astra Digital juga menggelar promo #LebaranUntukSemua guna menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1440 H. Program itu berlangsung pada April hingga Mei 2019.

"Kami persembahkan promo itu kepada masyarakat agar lebih mudah, nyaman, dan tenang ketika pulang kampung. Astra Digital juga mengajak masyarakat untuk menggunakan inovasi produk digital kami sebagai cara termudah membeli mobil dan ternyaman untuk pulang kampung," kata Djap Tet Fa.

Promo yang disiapkan Astra Digital dapat dipantau melalui aplikasi yang tersedia serta akun media sosial @cariparkir, @barengsejalan, @movic.id, dan @sevaid_official.

Baca juga: Aplikasi "My Suzuki" beri kemudahan konsumen dapatkan suku cadang

Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019