Jakarta (ANTARA) - Mazda mengumumkan penarikan kendaraan untuk perbaikan (recall) yang melibatkan 190.000 unit model Mazda 3 di Amerika Serikat karena kerusakan wiper kaca depan.

Recall itu mencakup Mazda 3 tahun produksi 2016 hingga 2018, menurut laporan dalam dokumen Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTS), dilansir Fox, Sabtu (13/4).

Perusahaan asal Jepang itu menyebut kerusakan terjadi karena adanya endapan serpihan logam yang menempel pada komponen "relay" wiper kaca depan.

Serpihan logam yang menumpuk berpotensi mengganggu kinerja wiper. Dalam kondisi terburuk, masalah itu membuat wiper berhenti bekerja sehingga mengganggu pandangan dan keselamatan pengemudi.

Mazda dalam keterangannya mengatakan belum ada laporan kecelakaan terkait masalah itu. Perusahaan juga meminta pengguna Mazda 3 agar membawa kendaraannya ke diler untuk mengganti komponen itu secara cuma-cuma.

Sebelumnya, Mazda juga menarik 300.000 kendaraan pada musim panas tahun lalu karena masalah kantung udara (airbag) Takata yang berpotensi meledak.

Baca juga: Cara Eurokars jaga kualitas diler Mazda
Baca juga: Mazda CX-30 2020 mulai dipasarkan semester kedua

 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019