Tokyo (ANTARA) - Daihatsu Motor Co berencana "recall" atau menarik kembali sekitar 1,92 juta mobil di Jepang karena kesalahan produksi yang dapat menyebabkan kesalahan dalam sistem pengereman.

Pembuat kendaraan mini kompak itu melaporkan, Kamis, total ada 416 kasus rusak ke Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, demikian media lokal yang dikutip dari Xinhua.

Menurut perusahaan itu, ada dua jenis kesalahan mempengaruhi rem. Daihatsu menyebut bahwa panel cowl (cowl panel) tidak kedap air dengan benar, yang mungkin akan menyebabkan karat atau perforasi penguat rem, sehingga menyebabkan jarak pengereman yang lebih lama.

Perusahaan itu juga mengatakan bahwa penyangga (strut set) yang diatur mengalami pengolesan yang tidak benar, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi pada rem.

Daihatsu akan menarik kembali (recall) 1.916.973 kendaraan dari 22 model, termasuk kendaraan mini Move dan Tanto yang diproduksi pada Desember 2010 hingga September 2018.

Recall ini juga akan termasuk mobil mini Stella dan Pixis Mega, yang diproduksi oleh Daihatsu, dan masing-masing dijual oleh Subaru Corp dan Toyota Motor Corp.

Menurut Daihatsu Motor Co sejauh ini tidak ada kecelakaan yang terjadi karena kemungkinan penyebab kesalahan pada rem.


 
Pewarta:
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019