Jakarta (ANTARA News) - Setelah empat dekade menghadirkan truk pikap untuk konsumen di seluruh dunia, Mitsubishi memperkenalkan generasi terbaru New Triton/L200 di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11).

New Triton yang digadang-gadang punya fitur baru untuk meningkatkan performa, fungsionalitas, ketahanan, keamanan hingga kenyamanan pengguna, akan dijual di 150 negara.

Thailand, negara tempat perakitan truk pikap Mitsubishi, jadi lokasi pertama penjualan yang dimulai pada 17 November 2018, sementara Indonesia baru bisa menjajalnya pada 2019.

Antara berkesempatan mencoba keluaran baru truk pikap Mitsubishi di Bangkok pada 9-10 November 2018.
 


Usai peluncuran, Jumat lalu, para wartawan dari berbagai negara termasuk Indonesia mendapat sedikit waktu untuk mencoba New Triton di flat dirt course dan off-road obstacle course di Impact, Muang Thong Thani, Bangkok.

Pada hari berikutnya, waktu berkendara bisa dinikmati lebih lama di area Spirit 4x4, Nakhon Nayok, sekitar dua jam perjalanan dari Bangkok. 

New Triton juga langsung dicoba di jalan raya, sekitar dua jam perjalanan, ketika rombongan bertolak dari Nakhon Nayok ke Bangkok pada Sabtu petang.
 
Interior Mitsubishi New Triton saat dicoba pewarta seusai peluncuran global di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) ((HO/Istimewa))



Saat masuk pada mobil double cabin itu, orang-orang bertubuh mungil bisa dengan mudah naik-turun mobil dengan bantuan pegangan di bagian pintu penumpang. Ruang kaki di kabin penumpang baris kedua maupun baris pertama terasa lapang.

Kabin barisan kedua terasa luas saat dinaiki dua orang, meski bagian tengahnya diisi cup holder yang bisa disembunyikan agar bagian belakang bisa diduduki tiga orang.

 
Interior Mitsubishi New Triton saat dicoba pewarta seusai peluncuran global di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) ((HO/Istimewa))


Triton baru ini menawarkan interior yang nyaman, tidak terasa seperti berada di dalam truk pikap.

Bagian-bagian seperti konsol lantai, sandaran tangan, bagian dalam pintu dan rem tangan dilapisi pad lunak sehingga lebih nyaman dan terlihat lebih mewah.

Permukaannya jok dibalut dengan kulit. Modelnya mirip dengan jok mobil sporty, “memeluk” tubuh pengendara dan penumpang sehingga tidak terlempar ketika mobil melewati medan terjal.

Permukaan jok empuk sehingga tubuh terasa tetap nyaman meski mobil berguncang-guncang. Kenyamanan penumpang tak lepas dari suspensi empuk karena kapasitas rear shock absorber semakin besar. 

Guncangan baru betul-betul terasa ketika mobil dibawa bermanuver secara ekstrem oleh pebalap, namun ada sabuk pengaman dan pegangan di kanan-kiri yang mencegah tubuh terpental. Sabuk pengaman bekerja dengan baik, secara otomatis sabuk mengencang ketika mobil berguncang keras atau berada di kemiringan ekstrem.
 
Mitsubishi New Triton melintasi rintangan pada peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) ((HO/Istimewa))



Ketika mencoba fitur Hill Descent Control di mana mobil secara otomatis berjalan pelan dengan kecepatan stabil tanpa pengemudi harus menginjak rem, mobil menuruni jalan dengan kemiringan 30 derajat. 

Meski serasa seperti menuruni roller coaster, sabuk pengaman betul-betul menjaga tubuh agar tidak terjatuh dan “menempel” di kursi. Begitu mobil melaju di tempat datar, sabuk pengaman otomatis melonggar. 
 
Interior Mitsubishi New Triton yang diluncurkan di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)



Pentingnya handphone dalam aktivitas tidak luput dari perhatian. Di mobil ini tersedia tiga USB port, satu berada di depan dan sisanya di belakang. Setiap USB port bersebelahan dengan celah untuk menaruh handphone saat diisi daya. Ukurannya cukup besar sehingga bisa dipakai untuk meletakkan barang-barang lain.

Kenyamanan penumpang khususnya di baris kedua juga ditambah dengan adanya sirkulator udara di bagian belakang mobil sehingga udara sejuk bisa terasa di berbagai penjuru. 

Penumpang di belakang juga bisa mengatur sendiri besar angin yang diinginkan, meski pengaturan suhu tetap berada di bagian depan.
 
Mitsubishi New Triton Red Solid di peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Mitsubishi Triton menghadirkan empat warna baru, yaitu White Diamond dan Graphite Gray yang terkesan mewah serta Passion Orange dan Red Solid yang lebih mencolok.

White Diamond adalah warna terbaru dari seri Diamond yang memperlihatkan kilau warna berbeda tergantung dari cahaya yang menyorotinya. 

Empat warna baru itu melengkapi deretan warna yang sebelumnya sudah ada, yaitu White Solid, Silver Metallic, Black Mica, Blue Metallic dan Brown Metallic.

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018