Jakarta (ANTARA News) - Mini Indonesia menghadirkan varian Mini Cooper Countryman rakitan dalam negeri yang menawarkan sejumlah fitur baru yang berbeda dari versi impor.

Mini yang dirakit lokal di BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara itu tetap mempertahankan karakternya sebagai kendaraan ikonik yang lincah, dengan penambahan pintu bagasi elektrik, piknik bench pada bagasi, hingga ruang yang lebih lega di kursi baris kedua dan bagasi.

Antara menjajal performa New Mini Cooper S Countryman Sports dari Jakarta ke daerah BSD, Tangerang, pada Jumat (28/9) petang, dengan menembus kemacetan ibu kota.

Mode berkendaraan "Green" memberikan respons yang cukup untuk berkendara efisien di kemacetan kota. Mini Driving Modes itu diaplikasikan pada tombol dengan lokasi baru di central console yang memungkinkan pengemudi memilih mode antara lain Mid, Sport dan green. 

Masing-masing mode memiliki karakter yang berbeda. Mode berkendara itu bekerja dengan mempengaruhi pedal akselerator, kurva akselerasi, serta suara mesin.

Saat melaju dengan mode "green", akselerasi mobil memang tidak terlalu kuat, kendati semua itu berubah saat menggunakan mode "sport" yang langsung menyemburkan akselerasi yang begitu bertenaga.

Mode sport begitu mengasyikkan saat dipakai di jalan bebas hambatan karena Cooper S Countryman Sports mampu menghasilkan tenaga hingga 192 hp dan torsi 280 Nm berkat mesin 2.000cc TwinPower Turbo 4-silinder yang dipadukan transmisi sports otomatis 8-percepatan.

Suasana mengemudi di dalam ruang kabin pun memberikan kesan menyenangkan, baik saat berkendara di kemacetan maupun di jalanan bebas hambatan.

Mobil ini juga stabil saat bermanuver di tikungan yang tajam, kendati ukuran bodinya cukup bongsor yakni panjang 4.299 mm, lebar 1.822 mm dan tinggi 1.557 mm dengan jarak antar-roda 2.670 mm.

Tampilan dashboard yang ikonik, perpaduan modern pada panel berbentuk cincin berlampu LED serta layar hiburan 8,8 inci, dan spedometer berbentuk bulat model klasik, memberikan tampilan enak dipandang saat duduk di belakang lingkar kemudi. Selain itu, mengemudi menjadi lebih mudah dengan fitur park distance control, kamera pandangan belakang, dan parking assistant.

Sebagai bagian head-up display, terdapat juga layar transparan yang menampilkan kecepatan dan berbagai informasi lainnya tepat di arah pandang pengemudi sehingga tidak harus menunduk untuk melihat kecepatan.

Kemudahan lainnya adalah pintu bagasi elektrik dengan hanya mengayunkan kaki ke bagian bawah mobil, serta "kursi piknik" pada bagasi untuk dua orang yang dapat dilipat.

Saat melintasi lalulintas macet, suasana bosan bisa diusir berkat Harman Kardon 12-Loudspeaker HiFi System yang menawarkan suara berkualitas.

Secara umum, New Mini Cooper S Countryman Sports menawarkan keasyikan berkendara di segala medan baik kepadatan ibu kota hingga medan-medan menantang di daerah urban.

Gaya khas Mini yang sporty berkat fitur-fitur yang ditanamkan, performa mesin, dan feeling berkendara ala "go-kart", membuat mobil ini menjadi idaman kaum muda.

VIDEO:
 

Baca juga: Keunggulan dan fitur baru Mini Cooper Countryman rakitan Indonesia

Baca juga: BMW Indonesia tak cemas meski impor mobil mewah dibatasi

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018