Jakarta (ANTARA News) - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) memulai proses ekspor produk mobil keluarga All New Ertiga ke Amerika Selatan, dengan membidik Meksiko sebagai pasar utama.

Langkah itu sejalan dengan strategi ekspor Suzuki Indonesia ke 51 negara tujuan, karena 15 negara di antaranya berada di Amerika Latin dan Karibia dengan target 2.600 unit hingga Desember 2018.

Secara total, pabrikan berlogo huruf "S" itu mematok target ekspor sebanyak 12.000 unit Ertiga hingga Maret 2019, yang telah dimulai pada bulan ini.

"Total negara tujuan ekspor tahun 2018 ini sebanyak 51 negara berasal dari wilayah Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Karibia, serta Oseania," kata Kepala Departemen Ekspor PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Hady Surjono Halim, dalam keterangannya, Rabu.

"Dari keseluruhan negara tersebut, All New Ertiga akan berkontribusi pada 22 negara, di antaranya Meksiko. PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) membidik Meksiko sebagai salah satu negara tujuan ekspor utama All New Ertiga di pasar Amerika Latin karena Meksiko merupakan negara di benua Amerika yang memiliki pangsa pasar yang besar dan potensial," papar dia.

Meksiko yang termasuk dalam tujuan pengiriman gelombang pertama ekspor unit utuh (CBU) All New Ertiga diharapkan dapat menggugah selera pasar Amerika Latin dan membuka peluang penetrasi ke pasar yang lebih besar.

Tahun ini PT SIM berencana mengapalkan 7.062 unit roda empat unggulan ke Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya seperti Cili, Peru, Bolivia, dan negara-negara di kepulauan Karibia.

Total rencana pengapalan 7.062 unit tersebut terdiri dari APV pick up dan van sebanyak 4.310 unit (Januari – Desember 2018) dan All New Ertiga yang baru mulai diekspor dari September sebanyak 2.752 unit (September – Desember 2018).

Jumlah pengapalan All New Ertiga tersebut sudah melampaui target ekspor sebanyak 2.600 unit.

Selain Meksiko dan negara lain Amerika Latin, All New Ertiga juga diekspor ke Oseania karena kebutuhan kendaraan niaga dan penumpang bertenaga besar yang tergolong tinggi. All New Ertiga juga diekspor ke negara-negara Asia.

Suzuki melalui All New Ertiga menembus pasar Amerika Latin karena produk-produk ekspor Suzuki yang menggunakan standar emisi Euro4 dan Euro5, sesuai standar emisi  internasional.

Di pasar ekspor global, Suzuki juga memiliki standar mesin yang dapat diadaptasi di berbagai negara. Sementara itu, dari sisi tren, negara-negara di Amerika Latin menyenangi mobil-mobil penumpang tipe subcompact, SUV dan city car, sehingga All New Ertiga dapat mengisi peluang pasar itu.

Baca juga: Mobil Rusia Aurus sasar ekspor pertama ke Eropa

Baca juga: Suzuki akan ekspor All New Ertiga ke 29 negara


 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018